Fokus ke Pertandingan

  • Bagikan
pssi.org FOKUS. Ilham Rio Fahmi saat berduel dengan pemain Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). (PSSI)

Ilham Rio Fahmi

SIVAKORN Pu-Udom sedang menjadi perhatian publik sepak bola Indonesia. Wasit asal Thailand itu memiliki rekam jejak yang kurang mengenakkan dalam kiprah tim Indonesia U-23 sepanjang perhelatan Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Hingga babak semifinal, Udom sudah dua kali menjadi perangkat pertandingan dalam game yang dimainkan Indonesia. Dia menjadi wasit VAR saat Indonesia bertemu Qatar. Dia juga menjadi wasit VAR dalam laga Indonesia kontra Uzbekistan. Dan, Udom akan kembali bertugas di ruang VAR saat Indonesia berhadapan dengan Iraq hari ini. Namun, kali ini, dia bertugas sebagai asisten wasit VAR.

Saat diwawancarai Jawa Pos melalui pesan singkat kemarin, bek tim Indonesia U-23 Ilham Rio Fahmi menilai reputasi Udom kurang baik.
’’Memang kami beberapa kali sudah dirugikan oleh wasit tersebut,’’ ujar pemain asal klub Persija Jakarta itu.

Tapi, Rio memilih untuk tidak mau terlalu dalam memikirkan sepak terjang wasit Udom. Dia memilih fokus ke pertandingan. Terlebih, pertandingan hari ini sangat menentukan. Pemenang laga Indonesia kontra Iraq akan menyabet predikat tim peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Predikat itu sekaligus menyegel satu tempat di Olimpiade Paris 2024.

’’Ya, di luar itu, kami tidak akan terlalu memikirkan wasit. Kami justru akan fokus terhadap penampilan tim agar insya Allah bisa memenangi pertandingan tersebut. Insya Allah kami adalah tim yang punya kualitas. Dan, Tuhan yang akan membantu kami,’’ tegasnya.

Pesepak bola asal Banjarnegara, Jawa Tengah, tersebut berharap pertandingan kontra Iraq berjalan lancar. Supaya laga itu lancar, seluruh perangkat pertandingan harus menjalankan tugas dengan baik. Termasuk wasit Udom. ’’Tentunya saya berharap harus fair,’’ tegasnya. (fiq/c17/ali/jpg/rum)

  • Bagikan