Takluk 0-1 dari Guinea, Asa Timnas U23 ke Olimpiade Sirna

  • Bagikan
KALAH: Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Guinea dengan skor 1-0 dari titik putih. (FOTO: PSSI/JawaPos.com)

PARIS, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Asa Tim Nasional (Timnas) U-23 Indonesia untuk berlaga di arena Olimpiade Paris 2024 sirna sudah. Ini setelah dalam laga babak play-off yang dihelat di Stade Pierre Pibarot, Paris, Perancis, Kamis (9/5/2024) malam WIB, anak-anak asuhan pelatih Shin Tae-yong takluk dengan skor tipis 0-1 dari wakil Afrika, Guinea.

Perjalanan Garuda Muda memburu tiket olimpiade melalui babak play-off karena dalam pertandingan Piala Asia U-23, Timnas Indonesia finish di peringkat empat.

Sebagaimana terlihat, dalam laga tersebut, Timnas Merah Putih mencoba mengancam pertahanan Guinea dengan beberapa serangan. Namun, usaha itu belum mampu membuahkan hasil yang diharapkan. Sebaliknya, Guinea berhasil mencetak gol tunggal lewat eksekusi penalti oleh Ilaix Moriba pada babak pertama.

Meskipun Indonesia mencoba keras untuk mencari gol balasan, pertahanan Guinea cukup kuat untuk menahan tekanan Garuda Muda. Upaya dari Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan juga belum cukup memadai untuk menyamakan kedudukan.

Di babak kedua, meskipun Indonesia terus memberikan tekanan, namun Guinea nyaris memperbesar keunggulan mereka di beberapa kesempatan. Beruntung bagi Indonesia, Ernando Ari, kiper mereka, tampil baik dan mampu menggagalkan beberapa peluang berbahaya Guinea.

Namun, keberuntungan tidak berpihak pada Indonesia saat Alfreandra Dewangga melakukan pelanggaran di kotak penalti, memberikan Guinea penalti kedua pada menit ke-73. Meskipun tendangan Algassime Bah berhasil dipukul ke tiang gawang, namun hal itu tidak mengubah keadaan.

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia U-23, bahkan diusir dari lapangan setelah melakukan protes keras terhadap keputusan wasit.

Walau Indonesia berusaha keras mencari gol penyeimbang hingga akhir laga, namun skor tetap bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Guinea dan harus puas dengan gagalnya misi mereka untuk tampil di Olimpiade 2024. (JPG)

SUSUNAN PEMAIN:

Indonesia U-23: Ernando Ari, Muhammad Ferarri, Komang Teguh (Alfreandra Dewangga 51'), Nathan Tjoe-A-On, Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Jeam Kelly Sroyer (Sananta 60'), Rafael Struick (Hokky Caraka 90+1'), Witan Sulaeman

Guinea U-23: Soumaila Sylla, Ibrahima Diakite, Saidou Sow, Mohamed Soumah, Maadiou Keita, Issiaga Camara (F. Camara 66'), Aguibou Camara, Ilaix Moriba, Ousmane Camara (Toure 86'), Algassime Bah (Diallo 90+3'), Facinet Conte (Soumah 46')

  • Bagikan