Capaian Vaksinasi Belum 70 Persen, Bupati Malaka Pimpin Rapat Sinkronisasi Data

  • Bagikan

BETUN, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka bersama jajaran TNI-Polri, Binda NTT serta semua elemen di wilayah itu terus berupaya menggenjot vaksinasi massal bagi masyarakat. Hanya saja, sejauh ini, target capaian vaksinasi 70 persen belum tercapai di Malaka.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH memimpin rapat sinkronisasi data vaksin pada Rabu (5/1). Rapat tersebut digelar untuk mendapatkan data yang valid dan akurat tentang pencapaian vaksinasi yang sudah dilaksanakan, baik oleh Pemkab Malaka, Polres Malaka maupun instansi teknis yang berwenang.

“Rapat hari ini (5/1/2022) dilakukan untuk mendapatkan data yang valid dan akurat, sudah berapa persentase yang diperoleh terkait data vaksinasi di wilayah Kabupaten Malaka. Sehingga Malaka tidak dicap paling lamban atau paling tertinggal,” ungkap Bupati Simon saat membuka kegiatan tersebut di aula Kantor Bupati Malaka.

Hadir mendampingi Bupati Malaka, Wakil Bupati Malaka Louise Lucky Taolin, S.Sos dan Kapolres Malaka, AKBP Rudi Junus Jacob Ledoh, S.IK

Lebih lanjut Bupati Malaka mengemukakan, selama tiga bulan terakhir ini seluruh elemen digerakkan untuk melakukan kegiatan vaksin sehingga pada akhir tahun bisa mencapai 70 persen.

“Akan tetapi kenyataannya, persentasenya masih belum mencapai 70 persen. Kita mau lihat, kendalanya di mana. Karena seluruh elemen kita gerakkan termasuk apa yang dilakukan pihak TNI dan Polri,” kata Bupati.

Wakil Bupati Malaka, Louise Lucky Taolin menambahkan, salah satu solusi yang harus dilakukan adalah mendata warga yang belum divaksin secara door to door atau dari rumah ke rumah.

“Artinya kita harus gerakkan seluruh kepala desa di wilayah Kabupaten Malaka untuk membuat pendataan secara rinci dari rumah ke rumah. Tujuannya agar data pasti dan valid bisa ditemukan,” ujarnya.

Wakil Bupati juga meminta kepada semua pihak untuk menjalin kerja sama yang harmonis, agar pencapaian 70 persen warga yang divaksinasi di Malaka bisa tercapai.

Kapolres Malaka, AKBP Rudi Junus Jacob Ledoh pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya terus memacu dan mendorong seluruh masyarakat untuk mendapatkan vaksin. Menurutnya, vaksinasi itu perintah dari pimpinan tertinggi yang harus diamankan agar masyarakat terhindar dari penularan Covid-19.

“Kita akan terus pacu dalam setiap momen agar masyarakat Malaka seluruhnya mendapatkan vaksinasi sesuai anjuran dan perintah dari pimpinan yang tertinggi,” tandas Kapolres.

Kepala Dinas Kesehatan Malaka, Paskalia Frida Fahik memaparkan data caaian vaksinasi yang sudah dilakukan Puskesmas di masing-masing wilayahnya. Dirinya juga menggambarkan kendala-kendala yang dihadapi seperti NIK yang bermasalah dan gangguan jaringan saat peng-input-an untuk dicarikan solusinya.

Sebagai informasi, sesuai data yang dibeberkan Kepala Dinas Kesehatan Malaka, hingga 5 Januari 2022, capaian vaksinasi di Kabupaten Malaka telah mencapai 69,9 persen. Ini data warga yang sudah divaksin baik itu dosis satu, dosis dua mapun dosis 3 (booster).

Hadir dalam rapat tersebut, Plh. Sekda Malaka Silvester Leto, SH juga pimpinan perangkat daerah dan instansi teknis terkait. (mg30)

  • Bagikan

Exit mobile version