Pengurus MUI NTT Jalani Orientasi, Hari Ini Pelantikan

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Panitia Pelaksana Pengukuhan dan Ta’aruf Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi NTT, menggelar kegiatan Orientasi Kepengurusan MUI NTT masa khidmat 2021-2026.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, Minggu (16/1) hingga Senin (17/1), berpusat di Asrama Haji Transit Kupang. Hadir sebagai peserta yakni pengurus MUI NTT se-kabupaten/kota.

Kegiatan bertema “MUI Bermarwah, Mewujudkan Kemaslahatan Umat dan Daerah Flobamorata” dibuka langsung Ketua Umum MUI NTT, H. Muhammad. S. Wongso.

Dalam kesempatan itu, H. Muhammad. S. Wongso berpesan kepada seluruh pengurus MUI yang baru untuk bersihkan hati dan datang mengabdi di MUI NTT. “Kita menisbatkan diri untuk mengabdikan di MUI NTT. MUI adalah puncak pengabdian umat,” ujarnya.

Muhammad S. Wongso juga mengajak seluruh pengurus untuk satukan tekad melanjutkan kepengurusan MUI ke depan. “Yang sudah baik ini ke depan agar lebih baik lagi,” tandas mantan Kadispora NTT ini.

Sementara Ketua Panitia, H. Anwar Pua Geno, mengatakan bahwa sebelum kegiatan Pengukuhan dan Ta’aruf, seluruh pengurus mengikuti orientasi kepengurusan dengan tujuan pendalaman keorganisasian MUI.

Dalam kegiatan Orientasi Kepengurusan MUI terdapat materi-materi yang disampaikan oleh narasumber. Materi pertama terkait wawasan MUI disampaikan oleh H. Muhammad S. Wongso. Materi kedua, Peran dan Tugas Fungsi MUI yang disampaikan Sekretaris MUI NTT, H. Husen Anwar.

Materi ketiga, Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga MUI yang disampaikan oleh H. Anwar Pua Geno. Kemudian, materi keempat, Tata Kerja Dewan Pimpinan MUI disampaikan oleh H. Yahidin Umar.

Materi kelima, Pedoman Penetapan Fatwa MUI disampaikan oleh Masdriansyah. Selanjutnya, materi keenam, Program Kerja MUI disampaikan oleh Gasim H. M. Noor.

“Para peserta juga akan berdialog dengan anggota DPR RI Komisi XI, Ahmad Yohan, yang akan menyampaikan posisi dan peran anggota DPR RI dalam menjembatani dan memperjuangkan aspirasi umat, masyarakat, dan daerah,” jelas mantan Ketua DPRD NTT ini.

Selain itu, lanjut H. Anwar, materi tentang peran Polri dalam Penegakan Kamtibmas dan Hukum dalam semangat program Presisi di Provinsi NTT yang akan disampaikan Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, SH.

Kemudian materi tentang peran TNI AD dalam menjaga Hankam di perbatasan Selatan Indonesia (Perspektif Security dan Prosperity) yang disampaikan oleh Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Iman Budiman, SE.

Selanjutnya materi tentang kebijakan dan program Kementerian Agama Provinsi NTT, yang disampaikan oleh Kakanwil Kemenag NTT, Reginaldus S. S. Serang, S.Fil., M.Th.

Sementara untuk acara pengukuhan pengurus MUI NTT oleh Wakil Ketua Umum MUI Pusat, Dr. K.H. Marsudi Syuhud, M.A., yang berpusat di Aula El Tari Kupang, Senin (17/1) sekira pukul 15.30 Wita. (*)

PENULIS: IMRAN LIARIAN

  • Bagikan