Kunker di Rote Ndao, Kakanwil Kemenkumham NTT Dialog dengan WBP

  • Bagikan

BA’A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana Dominika Jone, melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Rote Ndao, Jumat (28/1). Kunker itu dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev).

Di Rote, Marciana meninjau lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Ba’a. Selain itu juga berkesempatan melihat dari dekat beberapa sarana yang dimiliki Lapas setempat, dan mengikuti dua kegiatan lainnya di sela-sela kunkernya, serta berdialog dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Ia. Ibu Kakanwil kunker hari ini, Jumat (28/1) di sini. Agendanya adalah melakukan monitoring dan evaluasi,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas III Ba’a, Daniel Saekoko, kepada TIMEX, Jumat (28/1).

Dalam kunker tersebut, kata Daniel, Kakanwil menyempatkan diri mengikuti senam bersama. Senam tersebut, disebutnya, diikuti secara virtual, dengan penyelenggara kegiatan oleh kantor wilayah DKI Jakarta.

“Kami senam bersama dengan Ibu Kakanwil pada pukul 09.00 Wita. Tak hanya kami, tapi kegiatanya (senam) diikuti oleh jajaran Kementerian Hukum dan HAM se-Indonesia. Senam pernafasan/jantung dan aerobic (stay at home),” jelas Daniel.

Selain berolahraga bersama, lanjut Daniel, kegiatan itu diikuti dengan konsultasi kesehatan dan penyuluhan kesehatan. Seperti halnya senam, konsultasi tersebut dilakukan secara online.

“Temanya, semakin produktif dengan vaksinasi booster. Narasumbernya, dr. Agustian, penanggung jawab kesehatan dan keselamatan kerja RSU Pengayoman Cipinang. Setelah itu, Ibu Kakanwil menyaksikan deklarasi janji kinerja di aula Lapas,” ungkapnya.

Menurut Daniel, setelah mengikuti kegiatan tersebut, Kakanwil Marciana, melanjutkan kunkernya dengan meninjau klinik, ruang perpustakaan, blok dan kamar hunian WBP.

Selain meninjau sarana, Marciana, juga berkesempatan bertemu dan berdialog dengan para WBP. Ada pesan yang disampaikanya kepada WBP dalam acara dialog tersebut.

“Jaga kesehatan, jaga kebersihan diri serta lingkungan, dengan menerapkan pola hidup sehat. Selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dan berolah raga,” kata Daniel mengutip dialog Kakanwil Marciana bersama para WBP.

“Selalu berdoa kepada Tuhan, agar senantiasa diberi kekuatan serta kesehatan dalam menjalani pembinaan. Dan yang paling penting adalah tetap mematuhi tata tertib dalam Lapas,” pesan Marciana kepada WBP. (mg32)

  • Bagikan

Exit mobile version