Wakil Ketua DPRD Ende dan Satu Anggota PAW Segera Dilantik 

  • Bagikan
Sekda Ende, Agustinus Gaja Ngasu. (FOTO: LEXI SEKO/TIMEX)

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Setelah menunggu sekian lama akhirnya Wakil Ketua DPRD Ende, yakni Oktavianus Moa Mesi dan Herman Yosef Wora selaku anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW) segera dilantik.

Oktavianus Moa Mesi menggantikan Erikos Emanuel Rede yang kini menjadi Wakil Bupati (Wabup) Ende, sementara Herman Yosef Wora menggantikan Baltasar Sayelatua dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Ende yang berhalangan tetap atau meninggal dunia. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Ende, Agustinus Gaja Ngasu saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/6) menyebutkan, Pemkab Ende telah menerima SK Pelantikan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur.

"SK sudah ada dan sudah ditandatangani oleh Gubernur. Kini kami akan membuat surat pemberitahuan kepada DPRD Ende, juga kepada Ketua Pengadilan Negeri Ende dan unsur terkait," sebut pejabat yang akrab disapa Gusti Ngasu itu.

Terpisah, Sekretaris DPRD Ende, Valentinus Setyawan mengatakan, pihaknya belum menerima pemberitahuan terkait SK tersebut. Namun Valentinus memastikan DPRD Ende siap menggelar acara pelantikan, baik itu Wakil Ketua DPRD Ende maupun anggota DPRD Ende PAW dari PKPI Ende.

Valentinus menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk membicarakan pelaksanaan pelantikan bagi kedua calon PAW, baik itu Wakil Ketua DPRD maupun anggota DPRD Ende tersebut. "Memang kami belum dapat surat pemberitahuan terkait SK pelantikan, namun kami telah siap untuk menggelar pelantikan," ujarnya.

Valentinus yang saat itu didampingi Kabag Persidangan dan Risalah, Ansi Weroh menyebutkan, pelantikan kedua pejabat tersebut nantinya akan digelar melalui Rapat Paripurna masa sidang ke III, dan dilakukan diwaktu yang bersamaan. 

Untuk Wakil Ketua DPRD Ende, Oktavianus Moa Mesi akan dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Ende, sementara anggota DPRD PAW atas nama Herman Yosef Wora dilantik Ketua DPRD Ende. 

"Kapan nantinya, kita lagi sesuaikan dengan scedule-nya Pak Ketua Pengadilan. Pada dasarnya pihak Sekretariat DPRD Ende telah siap. Ini yang akan kami bahas dalam Banmus," jelasnya.

Terkait persiapan proses pelantikan, Valentinus mengaku, Sekretariat DPRD Ende telah berkonsultasi dengan Pemprov NTT dalam hal ini Sekretariat DPRD NTT. "Kita tunggu Rapat Banmus kapan pastinya pelantikan nanti baru kami informasikan. Yang pasti pelantikan pada masa sidang III," tutup Valentinus. (Kr7)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan