Lestarikan Budaya Daerah, Cara SMP Ki Hajar dan SMA Sudirman Meriahkan Hari Kemerdekaan RI

  • Bagikan
TARIAN ADAT. Tampak siswi SMA Sudirman menampilkan tarian Oko Mama dari Kabupaten TTU dalam kegiatan lomba tarian adat NTT memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Sabtu (13/8). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Budaya merupakan warisan leluhur yang harus terus dilestarikan. Dan ini dilakukan oleh siswa-siswi SMP Ki Hajar Dewantoro dan SMA Sudirman di momen menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Kegiatan melestarikan budaya bangsa ini dibuat dalam wujud lomba, seperti lomba menari dan fashion show. Selain itu, ada lomba baris-berbaris (PBB), tarik tambang, dan lainnya. Aneka lomba yang telah dilakukan sejak 12 Agustus 2022 itu berakhir hari ini, Rabu (17/8) bertepatan dengan puncak peringatan HUT RI sekaligus pengumuman pemenang dan pembagian hadiah

"Kami tanamkan kepada siswa-siswi untuk cinta budaya dan lestarikan budaya NTT," jelas
Kepala SMA Sudirman Kupang, Apris Sefnat Rehobeam Isu, S.Pd., M.Pd., saat ditemui TIMEX di ruang kerjanya, Selasa (16/8).

Apris mengatakan, melestarikan budaya ini juga sesuai visi-misi SMA Sudirman, yakni Bertindak Lokal dan Berpikir Global. Selain itu, lanjutnya, kegiatan lomba bernuansa budaya ini juga merupakan salah satu program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.

"Siswa-siswi dibentuk karakternya dengan kegiatan-kegiatan yang positif sekaligus mendorong mereka untuk meningkatkan minat dan bakatnya," kata Apris.

Untuk diketahui, SMP Ki Hajar Dewantoro dan SMA Sudirman ini berada dalam satu komplek. Perlombaan digelar bersama, tapi sistem penilaian berbeda-beda. Kedua sekolah itu dibawa naungan Yayasan Ki Hajar Dewantoro. SMP Ki Hajar Dewantoro dibawa kepemimpinan Yeli Y. Banunaek, S.Pd. (r1)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan