Dosen dan Mahasiswa UKAW Kupang Latih Warga Olah Ikan jadi Nuget

  • Bagikan
BAWA MATERI. Dosen FKIP PJKR UKAW, David Loba membawakan materi kepada warga Desa Wendewa Utara, Sabtu (27/8). (FOTO: IST)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Dosen dan mahasiswa KBPM Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang melakukan PKM di Desa Wendewa Utara Kecamatan Mamboro Kabupaten Sumba Tengah. PKM dengan tema pelatihan pengolahan ikan menjadi produk nuget untuk meningkatkan  nilai gizi dan olahraga bagi pertumbuhan untuk meningkatkan daya tahan dan gizi.

Kegiatan dilakukan di kantor Desa Wendewa Utara yang dijadwalkan oleh dosen pendamping lapangan (DPL) yang melakukan pengabdian dan pelatihan, Sabtu (27/8).

Pematerinya, dosen FKIP PJKR UKAW, David Loba. Kegiatan dihadiri oleh beberapa kepala desa serta perwakilan ibu-ibu, mahasiswa dan kelompok ibu-ibu PKK.

Dalam rilis yang diterima media ini disebutkan, tujuan kegiatan adalah mengedukasi masyarakat bagaimana mengolah ikan yang berpotensi di Desa Wendewa Utara untuk meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat dalam mengelola hasil tangkapan yang menghasikan sebuah produk yang berjangka panjang.

Dosen dan mahasiswa KBPM UKAW menghasilkan sebuah produk nuget ikan nimbe yang sangat berpotensi di Desa Wendewa Utara. Dengan adanya pengabdian dan pelatihan oleh dosen dan mahasiswa KBPM UKAW sangat membantu masyarakat.

Hasil wawancara yang pertama kepada kepala desa, Umar Husen mengaku senang dan bangga akan kehadiran mahasiswa yang membantu masyarakat dalam ekonomi dan peningkatan kapasitas BUMDes.

“Saya sebagai alumni Sarjana Olahraga sangat cocok berkaitan nuget gizi dan olahraga,” kata Umar.

Sementara, salah  seorang pendamping desa, Rambu Arni sangat senang dengan adanya mahasiswa yang membantu masyarakat dalam pelatihan olahan ikan dalam hal ini produk nuget ikan.

Setelah selesainya pelatihan, harapan dosen dan mahasiswa kepada ibu-ibu bisa melatih kembali kelompok ibu-ibu lainnya. (ays)

  • Bagikan