Eurico Gutteres Minta Hal Ini ke Panglima TNI, Jenderal Andika Langsung Respon

  • Bagikan
Tangkapan layar Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) dan tokoh pejuang eks Timtim, Eurico Guterres. (FOTO: JPNN.com)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Eurico Guterres, tokoh pejuang Timor Timur, menemui Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI, Kamis (8/9). Dalam kesempatan pertemuan itu, Eurico meminta kepada Jenderal Andika agar memberi kesempatan bagi keturunan eks pejuang Timor Timur di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menjadi prajurit TNI.

Bagi Eurico Guterres, pemberian kesempatan untuk menjadi prajurit TNI bagi keturunan eks pejuang Timor Timur akan memberikan keyakinan bahwa para pejuang memiliki penerus yang berasal dari wilayah tersebut.

"Kalau boleh, berilah kesempatan kepada putra dan putri eks pejuang Timor Timur itu agar menjadi Tamtama dan Bintara dari tiga matra, supaya orang tua mereka itu merasa ada generasi penerusnya," tutur Eurico sebagaimana JPNN kutip dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, di Jakarta, Kamis (8/9). Permintaan Eurico itu disampaikan saat melakukan audiensi kepada Panglima TNI, Jenderal Andika.

Merespon permintaan itu, Panglima TNI, Jenderal Andika langsung menyatakan menerma aspirasi Eurico itu. "Kami menerima aspirasi dari Bapak Eurico Guterres, memberikan kesempatan bagi masyarakat NTT, khususnya di perbatasan dengan Timor Leste untuk mengikuti seleksi penerimaan Tamtama dan Bintara TNI," ucap Andika Perkasa sebagaimana dalam kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, di Jakarta, Kamis (8/9).

Jenderal Andikan kepada Eurico berjanji akan berusaha memberikan alokasi bagi putra-putri pejuang eks Timor Timur berada dalam tiga matra TNI.

"Nanti saya akan berusaha untuk memberikan alokasi, walaupun kami harus lihat juga. Kami ingin memberikan alokasi, paling tidak harus ada dan itu setiap angkatan harus ada," kata Jenderal Andika.

Pada kesempatan itu, Jenderal Andika meminta kepada Eurico Gutteres untuk memberikan informasi terkait wilayah di mana saja eks pejuang Timor Timur tinggal.

Jenderal Andika kemudian menginstruksikan kepada Asisten Personalia (Aspers) Panglima TNI untuk mencari informasi terkait seleksi penerimaan tamtama dan bintara dalam waktu dekat untuk tiga matra.

"Cari info kapan penerimaan Tamtama Darat, Laut, dan Udara. Bintara juga, kapan pendaftaran (terdekat) dimulai dan kapan seleksinya," pinta Jend. Andika. (ant/jpnn)

  • Bagikan