Perantau Mulai Menjejali Jakarta

  • Bagikan
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ARUS BALIK. Peserta mudik gratis sepeda motor tiba dengan menggunakan KM Dobonsolo Semarang-Jakarta di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (14/4).

Bandara, Statiun dan Pelabuhan Mulai Sesak

JAKARTA, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Para pemudik terpantau mulai menjalani arus balik menuju kota-kota besar, Minggu (14/4) kemarin. Kepadatan mulai terjadi di ruas tol Transjawa menuju Jakarta. Jasa Marga memparjang jalur one way. Korlantas Polri siapkan safety car dan penambahan cone barier untuk antisipasi dan mengontrol kepadatan lalu lintas.

Salah satunya perpanjangan one way dilakukan di Transjawa ruas Jawa Tengah. Jika pada Sabtu, one way dilakukan di ruas tol Semarang seksi A, B, C-Km 414 gerbang tol Kalikangkung, Jasa Marga memperpanjang one way kemarin dari Km 459 tol Semarang-Solo sampai Km 414 gerbang tol Kalikangkung pada pukul 12.47 WIB.

"Perpanjangan one way atas diskresi kepolisian," ucap VP Corporate Secretary and Legal Jasamarga Transjawa Ria Marlinda Paallo, kemarin.

Terpantau, volume lalu lintas yang kembali dari arah jalan tol trans Jawa mulai meningkat. Akses ini dibuka untuk pemudik dari arah Jawa Timur dan Jawa Tengah yang menuju ke Jakarta.

Di sisi Jawa Barat, Jasa Marga juga menambah gate di gerbang tol Ciperna Barat. Pembukaan gate tambahan itu dilakukan sejak Sabtu sore, pukul 16.00 WIB. Sebelumnya, GT Ciperna Barat diperuntukkan sebagai akses keluar perjalanan dari Jakarta menuju Kota Cirebon dan sekitarnya.

"Pengguna jalan asal perjalanan dari Cirebon, Kuningan dan sekitarnya dapat menggunakan GT Ciperna Barat di Km 203+600 untuk menuju arah Jakarta selama one way diberlakukan periode arus balik," terangnya.

Ada tiga gardu tol yang bisa diakses selama arus balik berlangsung. Guna mempercepat akses masuk, petugas juga telah menyiapkan petugas mobile reader yang bisa digunakan pengguna jalan untuk melakukan transaksi guna mengurai kepadatan lalu lintas.

Sementara di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek petugas kembali menerapkan contraflow, kemarin. Rekayasa lalu lintas yang diberlakukan berupa contraflow dua lajur mulai dari Km 70-Km 47 arah Jakarta Ruas jalan tol Jakarta-Cikampek pukul 13.14 WIB.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, contraflow untuk Jakarta-Cikampek akan dilihat dari kepadataan kendaraan. "Namun, apabila traffic counting mengalami peningkatan akan dilakukan tiga lajur," katanya.

Dia memprediksi, di ruas ini kepadatan akan terjadi mulai Minggu malam. Korlantas telah menyiapkan beberapa komponen guna menunjang keamanan dan kenyamaman pemudik. Di antaranya dengan penambahan safety car atau kendaraan pengawalan guna memantau batas kecepatan. Serta penambahan kendaraan bantuan seperti mobil derek, ambulan dan sebagainya.

Aan mengatakan upaya peningkatan infrastruktur jalan juga dilakukan pihaknya dengan menambah pembatas jalan seperti traffic cone dan barrier. Penambahan lampu pembatas di jalur contraflow juga menjadi prioritas.

Sementara itu, Jasa Marga Metropolitan Tollroad memprediksi masih ada 40 persen pemudik atau lebih dari 100 ribu kendaraan yang diprediksi akan menuju Jabodetabek lewat gerbang tol Kalihurip Utama hingga hari ini, Senin (15/4). Potensi itu terlihat dari aktivitas pemudik yang terpantau meningkat di lintas ruas tol Cipularang-Padaleunyi arah Jakarta. Kepadatan terpantau di beberapa titik jelang rest area yaitu rest area Km 125 dan Km 97. Kepadatan juga dapat terjadi akibat adanya kendaraan gangguan di bahu jalan.

Puncak Arus Balik Sampai Hari Ini

Hari ini, Senin (15/4) dan besok, Selasa (16/4) diperkirakan menjadi puncak arus balik. Sehinga berbagai persiapan dilakukan. Minggu (14/4) kemarin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah titik di Jawa Tengah dan Jawa Barat untuk memastikan arus balik Lebaran 2024 berjalan lancar. Sejumlah titik yang ditinjau antara lain Simpang Joglo Solo, gerbang tol Boyolali, terminal Banyumanik, gerbang tol Kalikangkung serta sejumlah rest area pada ruas jalan tol Semarang-Cirebon.

Saat mengunjungi posko Polisi Terpadu Boyolali, Budi sempat melakukan rapat koordinasi untuk kelancaran perjalanan balik dari pelabuhan Bakauheni ke pelabuhan Merak.

Menhub menyampaikan, akan dilakukan skema pelaksanaan aktivitas bongkar muat di pelabuhan Bakauheni dan Merak sehingga tidak mengganggu perjalanan balik Lebaran.

Kemudian untuk memantau aktivitas bongkar muat di pelabuhan Bakauheni dan Merak, Budi menginstruksikan untuk membuat fasilitas war room. War room merupakan sebuah ruangan yang menyajikan data dan informasi secara digital terkait aktivitas di pelabuhan. “Pada war room itu masing-masing stakeholder hadir dan berkoordinssi dengan baik," tuturnya.

Sementara itu untuk penumpang kendaraan umum, sudah terpantau kenaikan sejak H+2 Lebaran atau Jumat lalu. Kementerian Perhubungan mencatat pengguna angkutan umum Lebaran 2024 berdasarkan data pada 13 April sebanyak 1.111.050 orang. Data tersebut terpantau dari Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 di kantor Kemenhub, Jakarta.

”Pada H+2 Lebaran jumlah pengguna angkutan umum kembali tembus satu juta orang. Artinya, pergerakan masyarakat sudah mulai masif untuk kembali dari kampung halaman,” kata juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati.

Dari berbagai moda, penumpang kereta api yang terlihat naik signifikan dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama. Tercatat penumpang kereta api sebanyak 221.139 orang atau meningkat 7,98 persen dibandingkan tahun lalu 204.801 penumpang.

“Kementerian Perhubungan terus mengimbau pemudik agar tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan serta mengatur perjalanan arus balik,” kata Adita.

Sementara itu pada transportasi udara, PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi hari ini merupakan puncak arus balik. Jumlah penumpang di 20 bandara AP II pada puncak arus balik diperkirakan mencapai 330.000 orang. Penumpang yang terbanyak ada di bandara Soekarno-Hatta yang diprediksi akan menyentuh angka 190.000 orang.

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro menuturkan rencana operasi telah disiapkan di seluruh bandara AP II untuk memastikan kelancaran operasional. “Pada periode arus balik, bandara yang paling sibuk menyambut kepulangan pemudik dari berbagai kota adalah bandara Soekarno-Hatta,” ujar Cin.

AP II fokus pada empat titik penting di aspek operasional dan aspek pelayanan. Yakni dua titik penting di sisi darat dan dua titik penting di sisi udara (air side). Pada sisi darat, kelancaran akses kendaraan bermotor menuju terminal penumpang pesawat dan ketersediaan transportasi publik bagi penumpang dari bandara menuju tempat tinggal akan menjadi perhatian. “Kendaraan pengantar penumpang harus mengikuti ketentuan yang ada. Maksimal menurunkan penumpang di curb side adalah 3 menit,” katanya.

Pada area kedatangan juga harus dipastikan ketersediaan transportasi publik bagi penumpang. Di sisi udara, alokasi parkir pesawat dan penanganan bagasi penumpang akan menjadi perhatian AP II.

“AP II bersama maskapai dan stakeholder lain telah merencanakan alur kedatangan pemudik. Termasuk penentuan lokasi parkir pesawat, apakah merapat ke terminal untuk menggunakan garbarata atau di area remote,” tutur Cin.

Selain itu penanganan bagasi oleh operator ground handling menjadi titik sangat penting di arus balik. Setiap personel harus dapat memberikan pelayanan yang baik.

Lalu bagi pengguna kendaraan pribadi, pemerintah menyediakan opsi jalan selain tol. Di pulau Jawa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong penggunaan jalan pantai selatan (pansela).

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja mengatakan selain untuk mengurangi beban lalu lintas arus mudik/balik Lebaran jalan tol trans Jawa dan jalan pantai utara (pantura) Jawa, maka didorong peningkatan kondisi jalan pansela.

“Tidak hanya jalannya yang bagus namun juga memiliki pemandangan yang indah dan terdapat banyak objek wisata,” kata Endra.

Ruas jalan pansela terbentang melintasi Banten hingga Jawa Timur. Di wilayah Banten, pansela menghubungkan ke berbagai destinasi. “Pesisir pantai Banten dan liburan keluarga serta Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung," kata Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Wida Nurfaida.

Lalu pada ruas pansela Provinsi Jawa Barat, pada tahun anggaran 2024 dilakukan pekerjaan lanjutan berupa preservasi jalan dan jembatan sepanjang 444,4 Km. Kemudian jalan lintas pansela di Provinsi Jawa Tengah telah dikerjakan pembangunan duplikasi jembatan Tipar sepanjang 120 meter. Di ruas Jogjakarta, dilakukan pembangunan jembatan Pandansimo serta preservasi jalan dan jembatan sepanjang 100 Km. Pada pansela Provinsi Jawa Timur dialokasikan anggaran sebesar Rp 97 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan. (elo/lyn/jpg/ays)

  • Bagikan