Prodi Biologi UKAW Awali BIOEXPO di SD GMIT Baumata

  • Bagikan
BIOEXPO. Dosen dan mahasiswa Prodi UKAW FKIP bersama siswa SD GMIT Baumata, Sabtu (22/10). (FOTO: IST)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kegiatan Bioexpo yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UKAW Kupang merupakan salah satu kegiatan pendukung pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi. Kegiatan bioexpo tahun 2022 diawali dengan kegiatan biologi mengajar dan berbagi di SD GMIT Baumata, Sabtu (22/10).

Adapun kegiatan biologi mengajar dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan budaya kolaborasi antara perguruan tinggi dan lembaga pendidikan dasar dalam mewujudkan proses pendidikan yang berkualitas. Yang dimulai dari tingkat pendidikan dasar dimana antara dosen dan guru, mahasiswa dan siswa dapat belajar bersama dengan memanfaatkan model pembelajaran dan media pembelajaran yang bervariatif. Juga memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sarana belajar yang efisien, dengan harapan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal.

Ketua Panitia Pelaksana Agus Maramba Meha, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan Bioexpo ke-3 tahun 2022 mengusung tema "Sinergitas Ilmiah Menuju Pendidikan Bermutu". Dijelaskan Agus bahwa untuk mewujudkan pendidikan bermutu pada lembaga pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar harus dilakukan dengan dukungan penuh dari semua pihak baik kampus, sekolah, masyarakat dan orangtua serta siswa ataupun mahasiswa untuk berkolaborasi menciptakan budaya ilmiah.

Sehingga pendidikan bermutu yang diharapkan dapat tercipta. Agus juga menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan Bioexpo ke-3 tidak hanya dilakukan di sekolah namun juga akan dilakukan di dalam kampus UKAW yang akan dimulai pada tanggal 26-29 Oktober 2022.

Berbagai kegiatan akan digelar yakni Stand Pameran, Talk Show, lomba demo sains, lomba poster ilmiah, lomba orasi ilmiah, lomba microteaching, serta lomba literasi mewarnai. Kegiatan tersebut akan melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Kupang, PAUD, sekolah dasar dan sekolah menengah serta komunitas masyarakat. Dengan keterlibatan semua pihak dalam kegiatan bioexpo akan menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul. Juga memiliki jiwa kompetisi sehingga harapan untuk menciptakan pendidikan yang bermutu dapat terwujud.

Pelaksanaan Biologi mengajar di SD GMIT Baumuta yang merupakan salah satu bentuk kegiatan bioexpo yang dilakukan di luar kampus, terpantau dosen, mahasiswa, dan guru berkolaborasi melakukan pengajaran yang menyenangkan yang dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Terlihat bahwa siswa sangat antusias mengikuti proses belajar bersama, dimana hal ini merupakan pengalaman baru yang dirasakan oleh siswa di SD GMIT Baumata. Selanjutnya kepala sekolah dan guru-guru SD GMIT Baumata mendapatkan penguatan terkait persiapan akreditasi sekolah yang diberikan oleh Agus Maramba Meha, M.Pd (Asesor BAN S/M NTT) dan Fransina Th. Nomleni, M.Pd selaku ketua program studi pendidikan biologi serta juga memiliki pengalaman sebagai asesor BAN S/M (2019-2021).

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan biologi berbagi, dimana program studi pendidikan biologi- UKAW juga memberikan sumbangan kepada SD GMIT Baumata berupa sarana penunjang pembelajaran seperti alat peraga, poster, globe, buku tulis, serta sarana penunjang kegiatan ekstrakurikuler seperti alat musik dan alat olahraga serta media literasi. Sumbangan ini merupakan hasil kerja sama antara kampus dan semua pihak yang memiliki kepedulian terhadap kemajuan pendidikan di NTT.

Dosen dan siswa di SD GMIT Baumata. (FOTO: IST)

Yoab Yakob Nofninu, S.Pd selaku kepala sekolah SD GMIT Baumata dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Kristen Artha Wacana dan semua pihak yang terlibat dalam membantu memberikan pengalaman baru serta sumbangan sarana penunjang pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Karena melalui kegiatan Bioexpo yang diadakan oleh program studi pendidikan Biologi memiliki dampak nyata dalam membantu sekolah untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. Selanjutnya Yoab juga berharap dan membuka ruang kolaborasi agar kegiatan lain seperti praktik pengalaman lapangan, penelitian dan pengabdian dosen maupun mahasiswa dapat dilakukaan disekolah SD GMIT Baumata.

Dr. Jhoni Lumba, M.Pd Selaku Dekan FKIP Universitas Kristen Arrtha Wacana Kupang dalam sambutannya menegaskan agar kegiatan yang telah dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Biologi dapat ditindaklanjuti oleh sekolah dengan cara diaplikasikan dalam pembelajaran dan juga menghidupkan kegiatan ekstrakurikuler.

Jhoni melanjutkan bahwa FKIP-UKAW siap untuk melakukan kerja sama dan berkolaborasi dalam rangka peningkatan mutu sekolah. (cr1/ito)

  • Bagikan