KSOP Terjunkan Tim Bantu Pencarian Korban KM Express Cantika 77

  • Bagikan
Tim KSOP dan KPLP Kupang saat melakukan pencarian terhadap para korban KM Cantika Express 77 pada Operasi SAR hari kedelapan di pesisir Pulau Semau, Senin (31/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kupang menerjunkan timnya untuk ikut melakukan pencarian terhadap para korban KM Cantika Express 77 pada Operasi SAR hari ke delapan, Senin (31/10).

Pencarian para korban KM Cantika Express 77 yang masih dinyatakan hilang dilakukan pada titik perairan Kupang dengan mengitari pesisir Pulau Semau dan sekitarnya.

Dalam pencarian para korban Cantika Express 77, menugaskan KSOP dan Tim Kesatuan Pengamanan Laut dan Pantai (KPLP) Kupang menggunakan Kapal Sea Rider.

Dalam pencarian itu, Tim KPLP melalukan penyisiran dengan memecah ombak dan melakukan penyisiran selama beberapa jam. Selain Pesisir Pulau Semau, Pencarian juga dilakukan ke arah Sulamu, Kabupaten Kupang. Namun pencarian belum membuahkan hasil.

Plh. KSOP Kupang, Tonny E. Bokty menjelaskan, pihaknya bergerak aktif bersama Tim Basarnas melakukan pencarian terhadap para korban Cantika Express 77 sejak hari pertama Kapal Tenggelam pada pekan lalu saat kejadian hingga saat ini.

Bahkan beberapa personel juga ikut bersama terlibat dalam Oprasi SAR melakukan pencarian menggunakan KM Cantika Lestari 9E yang mulai bergerak melakukan pencarian korban pada titik Perairan Barate-Tanjung Kurus, Kabupaten Kupang.

Tonny menambahkan, pihaknya juga aktif melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait perkembangan pencarian para korban yang belum ditemukan berdasarkan pengaduan dari pihak keluarga berjumlah 17 orang yang masih dinyatakan hilang.

Terkait jumlah manifest penumpang, Tonny menegaskan, sesuai jumlah laporan dari KM Cantika Express 77 berjumlah 167 orang dan 10 orang crew kapal.

Ia juga membeberkan terkait upaya investigasi yang dilakukan dengan mendatangkan Tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Tim KNKT sendiri telah melaksanakan tugasnya sesuai SOP yang berlaku selama kurang lebih tiga hari.

"Tim yang berjumlah tiga orang, mereka data dan sudah melakukan beberapa kegiatan mereka disini dalam kasus kebakaran KM Express Cantika 77 ini," sebutnya.

Menurutnya hasil belum diperoleh karena tim KNKT setelah mengambil data-data investasi terkait dengan kapal penumpang tujuan pelayanan Kupang-Alor itu terlebih dahulu dianalisa lalu hasilnya disampaikannya kepada KSOP dan instansi lainnya.

Ia juga mengaku, terdapat sejumlah dukungan dan keterangan sempat diberitakan oleh KSOP sebagai data tambahan. "Telah melakukan penyelidikan dan mengambil bahan keterangan dari KM Cantika Express 77 dan saat ini masih dalam proses penyelidikan. Kami berharap hasilnya bisa diperoleh dalam waktu dekat," katanya.

Sementara menunggu hasil investigasi dari KNKT, pihaknya akan proaktif dan mendukung upaya serta proses hukum yang dilakukan oleh Polda NTT. "Kita berharap agar kasus kebakaran Cantika Express 77 segera terungkap," tutupnya. (r3)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan