Adventure IMI NTT dan Sensasi Wisata Berkemah di Fulan Fehan

  • Bagikan
Ketua IMI NTT Gavriel Novanto foto bersama Bupati Belu Agustinus Taolin ketika bertemu di rumah jabatan Bupati Belu di Atambua.(IST)

TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Belu - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Nusa Tenggara Timur (NTT) dibawah komando Ketua Gavriel Novanto terus melakukan promosi pariwisata di Pulau Timor – NTT.
Setelah melakukan adventure di sejumlah wisata alam seperti Lelogama, Fatukopa hingga Fatumnasi, kini Bidang Mobilitas IMI NTT bersama Ketua IMI NTT dan sejumlah pengurus melakukan Adventure dan Camping di Fulan Fehan, Minggu (30/04/2023).

Sekilas tentang Fulan Fehan, memang nama yang tidak asing lagi di telinga. Lokasinya unik karena berupa lembah di kaki Gunung Lakaan yang menyuguhkan panorama sabana hijau nan luas. Lembah ini berada di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, NTT. Sekitar 26 km dari Atambua, ibukota Kabupaten Belu.

Sebagian besar lembah Fulan Fehan adalah padang rumput yang yang luasnya tak terjangkau oleh mata. Di padang rumput nan luas itu terdapat banyak hewan seperti kuda dan sapi yang bebas berkeliaran. Di sejumlah tempat terdapat tumbuhan kaktus yang tumbuh subur.
Di lokasi wisata padang sabana nan elok inilah Ketua IMI NTT Gavriel Novanto bersama rombongan berkemah semalam.

Bagi Gavriel Novanto berkemah semalam adalah pengalaman yang benar-benar tidak terlupakan, berkumpul di sekitar api unggun dan bersantai, bercengkrama bersama masyarakat sekitar yang memengunjungi lokasi camping.

Menariknya lagi, keesokan paginya, bisa mendengar suara indah burung dan melihat pagi hari yang diselimuti oleh kabut tebal hingga mengunjungi benteng makes yang dijuluki benteng lapis tujuh.
“Banyak masyarakat yang datang di tenda Camping, ada pemuda bahkan orang tua adat, datang bersama kami makan bersama sampai pagi. Bagus sekali panorama padang safana di Fulan Fehan. Kami juga mengunjungi Benteng Tujuh Lapis,” kata Gavriel Novanto kepada bidang media IMI NTT, Senin (1/5).

Gavriel Novanto juga menjelaskan, IMI NTT melalui Bidang Mobilitas akan terus mempromosikan wisata alam di NTT, yang dirangkaikan dengan kegiatan adventure mobil dan juga sepeda motor. Kegiatan ini merupakan program IMI NTT, untuk ikut mempromosikan obyek wisata yang ada.

Hal ini telah dibuktikan dengan adanya nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo dalam mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai bentuk kolaborasi dengan industri otomotif.

"Sebagai ketua IMI NTT tentu saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dirancang bidang mobilitas IMI NTT dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di NTT. Apalagi kegiatannya berbasis industri pariwisata otomotif," ungkap Gavriel Novanto.

Rombongan yang ikut dalam adventure IMI NTT diantaranya, Ketua IMI NTT Gavriel Novanto, Pengurus IOF NTT Lucas, Ketua Harian IMI NTT Christoper Samara, Bidang Mobilitas IMI NTT Fahrul Marto dan Mad Ngari, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga IMI NTT Robby Christiyanto, Ketua Bidang OKK IMI NTT Sokan Teibang, serta sejumlah pengurus lainnya.

Ketua IMI NTT Gavriel Novanto ketika berada di kawasan wisata alam Fulan Fehan, Kabupaten Belu bersama para pengurus IMI NTT

Bertemu Bupati Belu Bahas Otomotif dan Wisata
Setelah melakukan camping di Fulan fehan, Ketua IMI NTT Gavriel Novanto menyambangi Bupati Belu, dr Taolin Agustinus di rumah jabatannya, Senin (1/5). Selain membahas pariwisata yang ada di Belu, juga membahas perkembangan dunia otomotif di Belu karena merupakan daerah yang langsung berbatasan dengan negara Timor Leste.

"Pak Bupati Belu menyambut baik kehadiran IMI NTT. Laporan IMI NTT ke pak Bupati Belu terkait peningkatan pariwisata, sama perkembangan dunia otomotif di Belu karena berbatasan dengan Timor Leste,” Kata Gavriel Novanto.

Gavriel Novanto mengatakan, IMI NTT melalui Bidang Mobilitas akan terus mempromosikan wisata alam di NTT yang dirangkaikan dengan kegiatan adventure mobil dan juga sepeda motor. Kegiatan ini merupakan program IMI NTT, mendukung pemerintah daerah mempromosikan obyek wisata yang ada.
Hal ini telah dibuktikan dengan adanya nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo, dalam mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai bentuk kolaborasi dengan industri otomotif.

“Sebagai ketua IMI NTT tentu saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dirancang bidang mobilitas IMI NTT dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di NTT. Apalagi kegiatannya berbasis industri pariwisata otomotif,” ungkap Gavriel Novanto.

Menurut Gavriel Novanto, Bupati Belu dr. Taolin Agustinus menginginkan segera membentuk kepengurusan IMI Kabupaten Belu, sehingga event-event otomotif tingkat daerah, nasional maupun internasional segera digelar. Apalagi Belu berbatasan langsung dengan Timor Leste.
Masih menurut Gavriel Novanto, Bupati Belu juga telah memberikan lahan milik pemerintah kepada IMI, untuk nantinya dikelola dan dimanfaatkan sebagai arena khusus kegiatan olahraga otomotif, seperti grasstrack dan offroad.

"Tanah milik Pemda itu pak Bupati Belu sudah kasi ke IMI untuk dibangun sirkuit khusus grasstrack dan offroad. Ini semua untuk kepentingan dan pengembangan otomotif di Kabupaten Belu. Otomotif di Kabupaten Belu harus kembali di gairahkan," kata Gavriel Novanto.(*/yl)

  • Bagikan