Partogi Simatupang Ketua IKBB Saroha NTT Terpilih Hasil Mubes III

  • Bagikan
MUBES IKBB. Ketua Umum IKBB Saroha NTT periode 2023-2028, Dr. Partogi H. Simatupang, foto bersama panitia usai mendapat mandat sebagai Ketua IKBB dalam Mubes IKBB yang berlangsung di Hotel Ima, Sabtu (10/6). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.IID-Dr. Partogi H. Simatupang, ST, MT., akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Batak (IKBB) Saroha NTT periode 2023-2028.

Partogi terpilih menggantikan Dr. Drs. Hery Leo Sianturi, M.Si melalui Musyawarah Besar (Mubes) III IKBB Saroha NTT yang berangsung di Hotel Ima, Sabtu (10/6).

Mengusung visi "Berdaya Guna Sehati-Saling Memberi Hati", Partogi dengan lugas menjabarkan visinya dalam empat rencana kongkrit berupa peningkatan ekonomi keluarga, kewirausahaan, marketplace, dan pelatihan diri.

Partogi berharap, dengan menjalankan empat hal tersebut di atas, anggota IKBB Saroha NTT dapat lebih berdaya, lebih berguna, dan lebih sehati memberi hati.

Dalam pemilihan Ketua Saroha NTT kali ini, terdapat 19 kandidat hasil penjaringan. Saat pelaksanaan Mubes, 16 kandidat menyatakan tidak bersedia dicalonkan. Dengan demikian, tersisa tiga kandidat, yaitu Dr. Partogi Simatupang, Jhon Salmon Saragih, SH, dan drg. Manginar Sidabutar, MHID.

Sebelum proses pemilihan, drg. Manginar menyatakan mundur dari pencalonan sehingga tersisa dua orang calon yang berlanjut hingga proses pemilihan, dimana dimenangkan oleh Partogi Simatupang.

Selain melakukan pemilihan Ketua Umum, Mubes IKBB juga melakukan penyempurnaan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasi, penyelarasan program kerja, dan rancana anggaran biaya organisasi.

Hal yang paling utama dalam Mubes itu adalah pemilihan Dewan Pertimbangan IKBB Satoha, dimana M. Sibarani, ST, MT mendapat keperpercayaan sebagai Ketua.

Mubes IKKB Saroha NTT ini dihadiri hampir 150 peserta yang merupakan wakil atau utusan dari 29 kumpulan marga/suku yang ada di Kota Kupang dan 6 perwakilan dari Kabupaten Ende, Rote Ndao, Alor, Sumba Barat, TTS dan Kabupaten Kupang.

Ketua Panitia, Ernest L. Gultom, ST, menyampaikan apresiasi atas partisipasi dari keluarga besar Batak di NTT yang begitu antusias mengikuti kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini merupakan momentum yang baik untuk membesarkan organisasi ini menuju organisasi yang besar dan memberi dampak bagi masyarakat NTT.

IKBB Saroha adalah wadah kumpulan masyarakat suku Batak yang berdomisili di wilayah NTT, yang saat ini anggotanya diperkirakan berjumlah lebih 4.000 orang, tersebar di seluruh wilayah NTT. (*/yl)

  • Bagikan