Undana Buka Tiga Prodi S2 Baru, Dua Prodi Menyusul

  • Bagikan
PERTEMUAN. Warek I Prof. Annytha Detha dan Warek IV Prof. Jefri Bale, Prof. Dendik dan Dr. Remilius, ketika pertemuan bersama Dirjen Kelembagaan Kemendikbudristek, Dr. Lukman, ST., M.Hum terkait pembukaan tiga Prodi S-2 di Ruang Rapat Dirjen Kelembagaan, Komplek Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7). (FOTO: ISTIMEWA).

Undana Siap Terima Mahasiswa Baru

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang kembali membuka tiga Program Studi (Prodi) pada Program Magister (S2). Jurusan yang dibuka tersebut telah mendapatkan izin untuk penerimaan mahasiswa baru.

Tiga Prodi tersebut masing-masing, Magister Manajemen (MM) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Magister Teknik Sipil (M.T) pada Fakultas Sains dan Teknik, dan Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom) pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Selain tiga Prodi ini, terdapat dua Prodi lain yang tengah diusulkan dan akan dibuka yakni Prodi S-3 Ilmu Lingkungan dan Prodi S-2 Sains Veteriner.

Kabar gembira untuk pendidikan NTT itu datang dari Direktur Jenderal (Dirjen) Kelembagaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dr. Lukman ST., M.Hum. Pasalnya, perjuangan untuk membuka Prodi baru Program Magister (S2) di lingkungan Undana, akhirnya terjawab sudah.

Dirjen Kelembagaan Kemendikbudristek, Dr. Lukman, menyetujui untuk Prodi baru S2 di Undana ini menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2023/2024, dimulai bulan Juli ini.

Hal itu disampaikan Dirjen Kelembagaan saat menerima Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. Annytha I. R. Detha, M.Si, Warek IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, Wadek I Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Rolland E. Fanggidae, S.Si., MM, Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Sipil, Prof. Dr. Ir. Denik S. Krisnayanti, ST., MT, dan Dosen Teknik Sipil FST, Dr. Remigildus Cornelis, ST.,MT di Ruang Rapat Dirjen Kelembagaan, Komplek Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7).

Mantan Kepala Sub Direktorat Fasilitas Jurnal Ilmiah Kemenristek/BRIN 2018-2020 itu menyampaikan bahwa SK untuk ketiga Prodi tersebut sebenarnyua sudah ada dan dalam waktu dekan SK tersebut segera dikirim ke Undana guna keperluan lebih lanjut.

POSE BERSAMA. Dirjen Kelembagaan Kemendikbudristek, Dr. Lukman, ST., M.Hum pose bersama Warek I Prof. Annytha Detha dan Warek IV Prof. Jefri Bale, Prof. Dendik dan Dr. Remilius, usai pertemuan di Ruang Rapat Dirjen Kelembagaan, Komplek Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7). (FOTO: ISTIMEWA).

"SK-nya sudah ada, nomor SK-nya 499 untuk tiga Prodi S-2 tersebut,"ungkapnya.

Secara prinsip tiga Prodi tersebut sudah bisa menerima mahasiswa baru, tetapi untuk Program S-3 Ilmu Lingkungan, masih dilakukan asesmen lapangan tanggal 20 ini, surat resmi jadwal asessmennya nanti di kirim dalam waktu dekat.

Kemudian soal S-2 Prodi Sains Veteriner, sebut Dirjen Kelembagaan, itu tidak ada persoalan berarti, namun perbaikan mesti dilakukan oleh pihak pengusul dalam hal ini Undana.

Lebih lanjut, Peneliti Dokumentasi dan Informasi PDDI, LIPI (2011-2015) itu menyarankan agar setelah ini Undana perlu melanjutkan proses ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Sebab, menurutnya sebelum wisuda perdana, tiga Prodi tersebut harus segera melakukan reakreditasi.

Untuk kuota penerimaan mahasiswa baru bagi tiga Prodi S-2 tersebut, sebutnya, tetap mengikuti rasio dosen dan mahasiswa. “Jadi, intinya saat kita menerima mahasiswa baru, harus disesuaikan dengan rasio dosen dan mahasiswa, supaya tidak mengganggu proses akreditasi nantinya,” cetusnya.

Untuk itu, Warek I Undana menyampaikan pihaknya segera menyiapkan laman khusus pendaftaran bagi mahasiswa baru di website Undana, sehingga proses penerimaan mahasiswa baru sudah bisa dilakukan pada bulan Juli ini.

Dirinya juga terus meminta dukungan dari Dirjen Kelembagaan agar Prodi S-3 Ilmu Lingkungan dan Prodi S-2 juga bisa mendapat SK agar ke depan bisa menerima mahasiswa baru. "Kami siap menerima kunjungan visitasi lapangan untuk Prodi S-3 Ilmu Lingkungan dan segera memperbaiki dokumen pengusulan Prodi Sains Veterineer," ujarnya.

Hal senada disampaikan Warek IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, usai memastikan pembukaan tiga Prodi S2 itu.

Hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri dan untuk menindak lanjuti kepastian tersebut, pihak Undana dalam waktu akan segera berkoordinasi dengan staf agar menyiapkan laman khusus penerimaan mahasiswa baru di website Undana, termasuk penentuan jumlah kuota, biaya registrasi, persyaratan dan lainnya.

Menurut Prof. Jefri keberhasilan ini semata karena kerja keras semua pihak, mulai dari jajaran pimpinan tingkat Rektorat hingga ke Fakultas dan Prodi. (r3)

  • Bagikan