Sambut Dies Natalis Ke-16, IAKN Kupang Gelar Seminar Nasional

  • Bagikan
KEBUT PERSIAPAN. Panitia Dies Natalis ke-16 IAKN Kupang tengah mempersiapkan pelaksanaan Seminar Nasional pada Rabu (27/9). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Panitia Dies Natalis Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang menggelar kegiatan Seminar Nasional yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis Ke-16 lembaga pendidikan tinggi tersebut. Seminar Nasional ini akan digelar pada Rabu (27/9/2023) bertempat di Kampus IAKN Kupang.

"Dalam upaya memperingati hari bersejarah ini, panitia telah menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam menyelenggarakan seminar nasional yang informatif dan berkualitas menyongsong Dies Natalis IAKN Kupang yang akan berlangsung pada 27 September 2023," kata Ketua Panitia Dies Natalis ke-16 IAKN Kupang, Delsylia T. Ufi, M.Si, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/9).

Delsylia mengungkapkan bahwa persiapan Seminar Nasional ini telah dilakukan jauh-jauh hari sebelum. “Kami ingin memberikan yang terbaik kepada lembaga kami IAKN Kupang, serta semua yang terlibat dalam seminar ini. Oleh karena itu, kami telah melakukan berbagai persiapan yang matang, yakni mempersiapkan keynote speaker dengan tingkat keilmuan handal dan pengalaman yang unggul di bidangnya,” jelasnya.

Delsylia menyebutkan, pembicara kunci atau keynote speaker dalam Seminar Nasional ini adalah Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM. Prof. Babun merupakan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddik Jember, Jawa Timur.

Prof. Babun, kata Delsylia, akan membawakan materi bertajuk “Pengelolaan Pendidikan dalam Bingkai Moderasi”. Selain itu, lanjut Delsylia, panitia juga menghadirkan narasumber lainnya, yakni Hatim Gazali, M.A yang merupakan dosen pada Universitas Sampoerna dan Peneliti Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan, yang akan membawakan materi dengan topik "Merajut Harmoni Kebangsaan Melalui Pendidikan Moderasi".

“Acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam kepada seluruh peserta terkait cara pandang yang baru dalam aksentasi keberagaman, kemanusiaan, dan ke-Indonesia-an dengan menghargai pihak lain dan menjadi pribadi yang moderat,” ujarnya.

Delsylia menambahkan, panitia juga telah mengonfirmasi beberapa pembicara yang akan hadir dalam seminar ini, yakni para akademisi yang menjadi perwakilan setiap program studi di lingkungan IAKN Kupang. Diantaranya Dr. Daud Saleh Ludji, M.Pd (Perwakilan Pascasarjana IAKN Kupang), Marlen A. Daik, M.Pd (Perwakilan Prodi Manajemen Pendidikan Kristen), Merita F. Naisanu, M.Si (Prodi Bimbingan dan Konseling Kristen), Anita Pa Padja, M.Pd (Prodi Pendidikan Seni Keagamaan), Merling T.L.L.C Mesakh, M.Pd (Prodi Penyuluh Agama), Debby Yunita Madda, M.Th (Prodi Pastoral Konseling), dan Jeheskial Saudale M.Pak (Prodi Pendidikan Agama Kristen).

Selanjutnya, ada Belly Warli, M.Sn perwakilan Prodi Musik Gerejawi, Devi N. Shaldena, M.Psi (Prodi Psikologi Kristen), Yusmina E. Hauoni, Ph.D (Prodi Kepemimpinan Kristen), Jeni Isak Lele, M.Th (Prodi Misiologi), Anita A. Hege Udju, M.Pd (Prodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini), Maryon D. Pattinaja, S.Si (Teol)., M.Sn., Ph.D dan Andri O. Pellondou, S.Th., M.Si dari Prodi Sosiologi Agama.

"Para akademisi IAKN ini akan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pandangan mereka mengenai tema tersebut dengan topik masing-masing yang tentunya beragam dan luar biasa," jelas Delsylia.

Menurut Delsylia, salah satu yang paling berkesan dalam seminar nasional ini adalah keterlibatan mahasiswa/i sebagai pemateri, dimana mereka sudah siap menunjukan kamampuan dalam membawakan materi di level ini. "Ini menjadi ajang promosi sekaligus sebagai ajang pembuktian akan kualitas mahasiswa/i setiap prodi yang terlibat di IAKN Kupang," pungkas Delsylia. (*/aln)

  • Bagikan