Tak Ingin Korbankan Warga, Perumda Air Minum Kota Kupang Jajaki Kerja Sama dengan BLUD SPAM NTT

  • Bagikan
BERI KETERANGAN. Kepala Bagian Hubungan Pelanggan Perumda Air Minum Kota Kupang, Ferdy Jermias saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (6/10). (FOTO: MONA KODA/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG FAJAR.CO.ID-Pemerintah Kota Kupang melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Kupang, kembali menjajaki kerja sama dengan Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum (BLUD-SPAM)  Provinsi NTT untuk pelayanan air bersih kepada pelanggan. 

Upaya kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari kunjungan dan diskusi antara Penjabat Wali Kota Kupang dan Kepala BLUD SPAM NTT sebelumnya agar tidak mengorbankan masyarakat.

Tak ingin berlarut-larut, pihak Perumda Air Minum Kota Kupang telah mengajukan draf perjanjian kerja sama (PKS) kepada pihak BLUD SPAM Provinsi NTT.

Kepala Bagian Hubungan Pelanggan Perumda Air Minum Kota Kupang, Ferdy Jermias mengatakan, pihaknya telah melakukan finalisasi terkait hal-hal teknis yang perlu disepakati hingga kedua belah pihak tidak dirugikan. 

Dikatakan pihaknya mengetahui persis kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan dan mengalami kerugian serta sering mendapat pengeluhan dari warga.

"Jadi harus ada perbaikan untuk pelayanan air bersih kepada masyarakat," jelasnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (6/10). 

Ferdy menjelaskan, sesuai arah dari Penjabat Wali Kota Kupang, maka pihak Perumda melakukan pendekatan dengan pihak BLUD SPAM, untuk menyepakati hal-hal teknis tersebut. "Kalau tidak salah minggu lalu kami ke sana (BLUD SPAM)," singkatnya. 

Ferdy menjelaskan, beberapa hal teknis yang disampaikan itu akan dilihat dan dicermati oleh pihak BLUD SPAM sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dan pelayanan bisa kembali berjalan baik. 

"Setelah itu, hingga saat ini kami masih menunggu konfirmasi balik dari teman-teman di BLUD SPAM Provinsi NTT. Prinsipnya kami bersedia untuk melakukan kerja sama lagi tetapi jangan ada pihak-pihak yang dirugikan seperti sebelumnya," ucapnya. 

Ferdy menambahkan, untuk tahap pertama kerja sama ini akan difokuskan ke wilayah tertentu saja dan melihat apakah pelayanan sudah berkualitas sama seperti yang diharapkan atau belum. Jika kualitas pelayanan sudah maksimal dan sesuai dengan harapan, maka akan diperluas ke wilayah-wilayah lain yang belum terjangkau. 

"Jadi prinsipnya kita lakukan secara bertahap. Awalnya kita akan mulai dari Kelurahan Liliba, Tuak Daun Merah dan Kelurahan Kayu Putih. Jika pelayanan sudah baik sesuai harapan, maka akan dilanjutkan ke wilayah Oebobo, Nefonaek dan Kelurahan Pasir Panjang," ungkapnya. 

Hingga saat ini BLUD SPAM Provinsi NTT belum memberikan balasan terkait hal-hal teknis yang disampaikan oleh Perumda Air Minum Kota Kupang, untuk disepakati bersama, agar kualitas pelayanan air minum di Kota Kupang dapat memuaskan masyarakat. (cr2)

Editor: Intho Herison Tihu 

  • Bagikan