Kejuaraan Renang Pemula Tiga, Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak

  • Bagikan
POSE BERSAMA. Ketua Persatuan Akuatik Indonesia (KPAI) Jakarta Pusat Yonas Bain, S.Pd., M.Pd dan istrinya Gitja Anjani pose bersama pengurus renang Toby Thobias Tubulau (tengah) di Jakarta. (FOTO: ISTIMEWA).

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pengurus Kota (Pengkot) Akuatik Jakarta Pusat bekerja sama dengan Flobamora Swimming Club menggelar kejuaraan renang pemula tiga. Animo peserta dalam mengikuti kejuaraan kali ini sangat tinggi hingga memecahkan rekor peserta terbanyak.

Tercatat, kegiatan yang berlangsung selama dua hari, terhitung tanggal 13-14 Oktober 2023 ini diikuti sebanyak 737 peserta. Perlombaan digelar di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) dengan sistem perlombaan berstandar PON dan Sea Games.

Ketua Akuatik Indonesia Jakarta Pusat Yonas Bain, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwa kejuaraan tersebut merupakan kejuaraan pemula tiga. Kejuaraan pemula satu dan dua telah digelar pada awal tahun 2023.  

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem yang sama persis dengan PON atau Sea Games," sebutnya.

Dikatakan animo masyarakat terhadap cabang olahraga khususnya pemula tiga ini setiap tahunnya hanya berkisar 500-600 peserta saja namun kali ini diluar prediksi hingga pecahkan rekor terbanyak. 737 peserta ini tersebar di 64 tim akuatik di DKI Jakarta.

"Ini yang biasanya hanya 500 atau 600 orang, tapi ini meningkat lebih jauh," ungkapnya.

Lanjutnya, untuk kategori pemula tiga ini merupakan salah satu program tetap dari Akuatik Jakarta Pusat serta kejuaraan pemula ini limpahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) yang ada di wilayah DKI Jakarta dengan tujuan membina para atlet renang.

Pemula tiga ini, berkisar pelajar kelas IV SD hingga kelas IX SMP. "Kebetulan pemula tiga ini dilaksanakan oleh Jakarta Pusat. Ini merupakan pembinaan dan para juara akan mendapatkan piagam penghargaan dan bisa digunakan sebagai jalur prestasi," pintanya 

"Untuk kejuaraan tingkat pelajar Jakarta Pusat itu sudah dilaksanakan sebanyak 4 kali. Kaum pemula resmi PRSI itu baru satu kali," kata Kasubag Kejurda dan Kejurnas Menpora itu.

Pemilik Flobamora Swimming Club ini juga mengaku mempekerjakan ratusan orang di kolam renang Jakarta Pusat, Kolam renang Kebun Jahe-Jakarta Pusat, kolam renang Arsisi Cempaka Putih-Jakarta Pusat, dan kolam renang Cimanggis- Depok. (r3)

  • Bagikan