Hari Bhakti PU ke-78, ASEAN SUMMIT Jadi Kebanggaan Insan PU di NTT

  • Bagikan
TUMPENG HARBAK PU : Sekda NTT Comas D. Lana, SH, M. Si didampingi Kepala BPJN NTT Agustinus Junianto, Kadis PU NTT, Mantan Kadis PU NTT Piet Djami Rebo, Kepala BalaiPPW NTT Normansjah Wartabone, Kepala Balai Pelaksana Penyedia Perumahan NTT II Yublina Dila Bunga, ST, MT Ketika memotong tumpeng Harbak PU ke-78. Timex/yoppylati

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah NTT Agustinus Junianto, ST, MT menyebut suksesnya pelaksanaan ASEAN Summit di Labuan Bajo tahun 2023 menjadi salah satu kebanggaan insan PUPR NTT.

Suksesnya event internasional itu tak lepas dari peran Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam menyiapkan infrastruktur pendukung.

Hal itu disampaikan Junianto ketika memberikan keterangan dalam rangka Hari Bhakti PU ke-78 di Kantor BPJN Wilayah NTT, Desa Tanah Merah, Senin (4/12). Junianto didampingi Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) NTT Normansjah Wartabone, Kepala Balai Pelaksana Penyedia Perumahan NTT II Yublina Dila Bunga, ST, MT.

Putra Sikka ini menambahkan, infrastruktur lainnya yang berhasil dilaksanakan dan telah diresmikan oleh Presiden Jokowi adalah Jalan Goromori di Labuan Bajo. Selanjutnya, pembangunan embung atau bendungan yang saat ini sedang dikerjakan, diantaranta Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang dan Bendungan Temef di Kabupaten TTS. Untuk sarana permukiman, lanjutnya, pembangunan perumahan sebanyak 2.100 unit di kabupaten serta SPAM yang akan diresmikan Presiden Jokowi.

Untuk infrastruktur jalan, ruas jalan nasional sepanjang 2. 158 kilometer telah ditangani dengan baik termasuk juga penanganan jalan provinsi yang menjadi tugas tambahan dari Kementrian PUPR.

Diwarnai Nuansa Kedaerahan

Sementara itu, puncak perayaan Hari Bhakti PU ke-78 yang berlangsung di Kantor BPJN Wilayah NTT berlangsung dalam suasana kedaerahan. Para insan PUPR serta tamu undangan yang mengikuti upacara wajib mengenakan pakaian daerah NTT.

Dengan tema "78 Tahun Bhakti PUPR, Sigap Membangun Negeri, para insan PUPR terlihat sangat khusuk mengikuti upacara yang dipimpin langsung Sekda NTT Comas D. Lana, SH, M. Si sebagai inspektur upacara. Tiga ASN dari Kementrian PUPR menerima penghargaan satya lencana dari Presiden RI atas jasa dan pengabdiannya selama 20 dan 30 tahun yang diserahkan Sekda NTT.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda NTT menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh insan PUPR atas kerja keras dan dedikasinya yang tinggi selama ini, dengan kekompakan dan kerjasama tim berhasil menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan infrastruktur, baik insfrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Saya ingin mengingatkan kembali pesan Bapak presiden dulu dalam menyerahkan DIPA 2024, bahwa gunakan anggaran yang telah diberikan dan akuntabilitas serta jangan membuka celah sedikitpun untuk korupsi, percepat realisasi anggaran dengan orientasi pada hasil dan manfaat maksimal bagi kita, sehingga pada tahun 2024 kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan 10 tahun Waterboom 2024 pada tanggal 18-25 Mei 2024 sebagai pertemuan air terbesar di dunia yang akan dihadiri lebih dari 17 ribu orang," ungkapnya.

Hari Bakti PU diperingati untuk mengenang perjuangan petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum yang menjaga dan mempertahankan Gedung Sate dari pengepungan tentara sekutu (NICA) kala itu.

Sebanyak 21 petugas yang kala itu bertugas menjaga dengan segenap jiwa raga saat pengepungan yang terjadi mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB dengan pertempuran yang sungguh tidak seimbang.

Petugas yang mempertahankan gedung sate tak pantang menyerah. Mereka melakukan segala upaya perlawanan dengan segala kekuatan yang dimiliki dan berujung. (*/yl)

  • Bagikan