Puskesmas Bakunase Laksanakan Re-akreditasi

  • Bagikan
BONEFASIUS BAHY/TIMEX PENILAIAN. Supervisor penilai akreditasi bersama pihak UPTD Puskesmas Bakunase di sela kegiatan re-akreditasi di UPTD Puskesmas Bakunase, Jumat (1/12).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Bakunase mulai melaksanakan re-akreditasi hari pertama. Semua persiapan untuk re-akreditasi tersebut juga sudah dilakukan sesuai anjuran dari Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Kepala UPTD Puskesmas Bakunase, dr. Sartjie Nubatonis yamh diwawancarai, Jumat (1/12) menyampaikan bahwa harusnya, UPTD Puskesmas Bakunase sudah melaksanakan akreditasi di tahun 2018 silam dan sekarang adalah re- akreditasi. Dan, kata dr. Sartjie, re-akreditasi seharusnya dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Namun karena terhalang wabah Covid-19, maka jadwal re-akreditasi diundur hingga 5 tahun dan baru terealisasi pada Jumat pekan kemarin.

Terpantau, situasi dan kondisi pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Bakunase, saat dilaksanakanya re-akreditasi berjalan baik. Dari segi pelayanan dan koordinasi antarsesama pegawai juga sudah terorganisir dan sesuai prosedur, dari segi kebersihan dan sarana-prasaran juga dalam kondisi yang layak.

"Hambatan-hambatan kecil pasti ada saat persiapan re-akreditasi ini. Akan tetapi, kami telah meminimalisirnya dengan berkerja sesuai standar yang ada. Untuk hambatan sebenarnya tidak ada karena persiapan yang kami lakukan ini sudah sejak Juni lalu dan sudah kami tanggulangi, karena jangkah waktunya yang lumayan lama," kata Kepala UPTD Puskesmas Bakunase.

Tambah dr. Sartjie, pihaknya juga sudah melengkapi syarat-syarat akreditasi. Seperti kelengkapan dokumen-dokumen dan kelengkapan fisik para staf, re-akreditasi sebenarnya sudah dilakukan sejak tanggal 29 November kemarin, tapi itu dilakukan secara daring yaitu pemeriksaan dokumen. Dan, untuk pemeriksaan secara langsung baru dilaksanakan Jumat pekan kemarin yakni dengan pemeriksaan sarana-prasarana

"Harapan saya untuk re-akreditasi ini, UPTF Puskesmas Bakunase bisa mendapat penilaian terbaik dan nantinya masukan-masukan dari tim penilai akan kami perbaiki. Dan pastinya, kami akan terus tingkatkan pelayanan kami kepada masyarakat," tandasnya. (cr5/gat)

  • Bagikan