KM Dharma Kartika V Siap Layani Rute Surabaya- Lembar, Waingapu-Kupang

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX FOTO BERSAMA. Para pejabat lingkup Pemerintah Provinsi NTT dan Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay serta perwakilan PT Dharma Lautan Utama pose bersama di dalam KM Dharma Kartika V, Senin (12/2)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Kapal Motor (KM) Dharma Kartika V resmi berlayar di Kupang, pada Senin (12/2). KM Dharma Kartika V akan melayani rute penyeberangan laut dari Pelabuhan Tenau Kota Kupang, Waingapu Sumba, Lombok dan Surabaya.

Kapal dengan fasilitas lengkap seperi lapangan mini, ruang GYM, ruang bermain anak, kamar VIP, Barber Shop, ruang panggung, ruang karaoke, ruang baca dan ruang swalayan, serta mushola.

Pelayanan pelayaran perdana akan dilakukan usai Pemilu tanggal 14 Februari nanti, tepatnya Kamis tanggal 15 Februari.

Direktur Operasi dan Usaha PT Dharma Lautan Utama, Rahmatika Ardianto, mengatakan, Kapal Dharma Kartika V akhirnya bisa melakukan operasional perdana di Kota Kupang dengan rute Surabaya, Lembar Lombok, Waingapu dan Kupang.

"Kapal sudah mulai berlabuh pada pukul 04.00 WITA dan sudah bersandar pada pukul 10.00 WITA di Pelabuhan Tenau Kupang. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kota Kupang dan semua jajaran yang hadir," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, KM Dharma Kartika V, memiliki panjang 153 meter dengan kapasitas penumpang sebanyak 1.002 penumpang dengan fasilitas dua geladak kendaraan, dengan total kapasitas sebanyak 100 kendaraan besar dan 97 kendaraan kecil. "Kalau totalnya bisa mencapai 300 unit kendaraan," jelasnya.

Dia menjelaskan, KM Dharma Kartika V melayani rute Surabaya, Lembar Lombok, Waingapu dan Kupang, yang sebenarnya kapal ini bisa beroperasi dengan kecepatan 27 knot, tetapi dalam operasionalnya memakai 18 knot.

"Dengan kecepatan 18 knot, pelayanan Surabaya Lembar Lombok kami tempuh dengan waktu 17 jam, kemudian Lembar-Waingapu sekitar 18 jam dan Waingapu-Kupang kurang lebih sekitar 12 jam," jelasnya.

Sehingga, kata dia, total perjalanan dari Surabaya ke Kupang kurang sekitar 48 sampai 50 jam, sudah termasuk transit.

Rahmatika menambahkan, pada Tahun 2022, PT Dharma Lautan Utama sudah beroperasi menyinggahi dari Surabaya ke Labuan Bajo, dan Labuan Bajo ke Maumere. "Dan pada Tahun 2023 kemarin kita melayani rute Surabaya ke Lembar Lombok dan Labuan Bajo ke Ende. Dan akhirnya di Tahun 2024 ini kami bisa menyinggahi pelabuhan di Kupang," tambahnya.

KM Dharma Kartika V ini memiliki fasilitas yang mewah, dengan ruangan duduk kelas ekonomi dengan kapasitas 72 orang dengan fasilitas ruang panggung, ruang tidur ekonomi dengan kapasitas 338 penumpang, kemudian ruang kamar kelas III dengan kapasitas 160 penumpang, kamar kelas II dengan kapasitas 234 penumpang dan ruang VIP dengan kapasitas 22 orang.

"Serta ruang tidur pengemudi dengan kapasitas 144 orang. Hal ini yang membedakan dengan perusahaan lain, kami memiliki konsep bahwa pengemudi ditempatkan dalam satu bagian atau makar, sehingga pelanggan atau penumpang tidak terganggu," jelasnya.

Fasilitas lain yang dimiliki KM Dharma Kartika V yaitu memiliki lift yang juga diprioritaskan bagi lansia, ibu hamil dan difabel. "Kapasitas lift untuk 10 orang, jadi sangat cukup. Ada juga ruang medis bersama dokter dan obat-obatan yang lengkap, dan dilayani gratis. Ada juga alat tes kesehatan, untuk tes asam urat, kolesterol dan gula, " jelasnya.

Selain itu, ada juga ruangan khusus ibu menyusui, ruang bermain anak, ruang baca untuk mendorong minat masyarakat untuk membaca, ruang karaoke, swalayan, cafe, mini podcast, ruang olahraga, area swafoto dan fasilitas lainnya.

Dia mengatakan, tujuan KM Dharma Kartika V melayani rute Kupang ini adalah untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah, dan ke depan akan dikaji lagi bagaimana menghubungkan antara Kupang dengan pulau-pulau sekitar.

"Sehingga konektivitas dari Kupang pulau Timor ke wilayah lain yang ada di sekitar NTT bisa terjalin dengan baik, dengan harapan agar pertumbuhan ekonomi bisa meningkat dan disparitas harga komoditi pun dapat terkendali," jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay mengatakan, kapal mewah ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Kota Kupang yang akhirnya bisa melayani di Pelabuhan Tenau Kupang.

"Pemerintah Kota Kupang dan masyarakat Kota Kupang menyambut baik kehadiran KM Dharma Kartika V di Kupang, diharapkan dengan adanya kapal ini, masyarakat terbantu untuk mendapatkan pelayanan pelayaran yang berkelas," jelasnya.

Fahrensy mengatakan, hadirnya KM Dharma Kartika ini diharapkan menjadi salah satu alternatif transportasi laut bagi masyarakat NTT, khususnya di Kota Kupang. "Terima kasih karena telah menempatkan salah satu armada di Kupang, untuk membantu masyarakat Kupang," tambahnya.

Dia berharap ke depannya akan ada lagi rute-rute baru yang dibuka oleh PT Dharma Lautan Utama, untuk beberapa pulau lain di NTT, apa lagi NTT merupakan daerah kepulauan. "Hadirnya kapal ini akan sangat membantu program pemerintah untuk mendorong konektivitas dan menekan harga di wilayah Timur Indonesia," jelasnya.

Dia berharap, hadirnya kapal ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan transportasi laut yang memadai, dengan harga yang terjangkau, apa lagi melihat harga tiket angkutan udara pesawat yang sangat tinggi.

Hadir juga mewakili Penjabat Gubernur Provinsi NTT, Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Mahadin Sibarani, Kepala KOSP Kelas III Kupang, Simon Baon, dan jajaran lainnya. (thi)

  • Bagikan