Mudahkan Pelanggan Bayar Tagihan Air Minum

  • Bagikan
PROKOMPIM FOR TIMEX CENDERA MATA. Asistant Vice President PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk., I Made Mudalara menyerahkan cendera mata ke Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay disaksikan Pj Sekda dan Dirut Perumda Air Minum Kota Kupang di sela peresmian layanan pembayaran tagihan air minum secara online, Kamis (22/2).

Pj. Wali Kota Launching Sistem Pembayaran Secara Online

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Guna memudahka masyarakat khususnya pelangga serta memanfaatkan teknologi, maka Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Kupang kini telah memanfaatkan layanan pembayaran tagihan air minum secara online (Host to Host). Pembayaran secara online yang dimanfaatkan Perumda Air Minum Kota Kupang ini yakni Livin Merchant PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Karena itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay meresmikan layanan pembayaran tagihan air Perumda Air Minum Kota Kupang secara online. Peresmian ini berlangsung di ruang Garuda Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (22/2).

Sistem pembayaran Host to Host juga memungkinkan pembayaran tagihan air secara online melalui aplikasi Mobile, ATM, dan kanal pembayaran lainnya. Dengan inovasi ini maka diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran air di Perumda Air Minum Kota Kupang.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Kupang mengapresiasi program Livin Merchant dari Bank Mandiri, khususnya untuk pembayaran tagihan air minum secara online di Perumda Air Minum Kota Kupang.

Fahrensy juga berharap agar kerja sama ini dapat memberikan dampak positif dan menjadi solusi konkret bagi masyarakat khususnya pelanggan Perumda Air Minum Kota Kupang dalam melakukan pembayaran tagihan.provinsi ntt,

Dikatakan, dengan adanya opsi pembayaran tagihan melalui aplikasi Livin Bank Mandiri maka masyarakat bisa dapat melakukan pembayaran dari mana saja tanpa harus datang ke bank atau kantor Perumda Air Minum. Selain itu, inovasi ini juga untuk mempermudah aksesibilitas transaksi.

Pj Wali Kota Kupanh mengatakan, langkah ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi pelayanan, menciptakan Kota Kupang yang sepenuhnya digital melalui ekosistem pembayaran yang mendukung integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional.

"Dengan dimulainya kerja sama antara Perumda Air Minum Kota Kupang dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk., ini juga membuktikan peran perbankan dalam pembangunan daerah," ungkap Fahrensy.

Lebih lanjut, Pj Wali Kota berharap agar kesepakatan kerja sama tersebut bisa menjadi solusi konkret dan strategis dalam upaya peningkatan pendapatan asli daerah. Sosialisasi program ini diharapkan dapat membuatnya lebih dikenal dan diadopsi sebagai metode transaksi pembayaran tagihan air minum bagi masyarakat pelanggan Perumda Air Minum Kota Kupang.

Sementara Asistant Vice President PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk., I Made Mudalara, menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada Bank Mandiri untuk memulai program digitalisasi pembayaran tagihan air Perumda Air Minum Kota Kupang. Program tersebut juga merupakan yang pertama kali digunakan di Provinsi NTT dan baru diluncurkan di Kota Kupang.

Ia menjelaskan bahwa pemilihan Perumda Kota Kupang untuk menggunakan program ini disebabkan oleh sistem penagihan yang unggul, dan biaya pengembangan program tersebut didonasikan oleh Bank Mandiri.

Program ini diharapkan dapat mempermudah pelanggan yang selama ini harus antre untuk membayar di loket, dengan pembayaran melalui aplikasi Livin Merchant yang dapat diakses melalui smartphone atau via ATM dengan transaksi 24 jam.

"Ketika pelanggan melakukan pembayaran maka uang tagihan pembayaran tersebut langsung masuk ke rekening Perumda Air Minum Kota Kupang," ujarnya

Hadir pada kesempatan kegiatan tersebut, Pj Sekda Kota Kupang, Ade Manafe, para Staf Ahli Wali Kota, para Asisten Sekda, para pimpinan Perangkat Daerah, Direktur Perumda Air Minum Kota Kupang serta Para Kepala Cabang Bank Mandiri se-Kota Kupang.

Acara ini juga ditandai dengan demo pembayaran melalui aplikasi Livin oleh pihak Bank Mandiri dan Perumda Air Minum Kota Kupang, serta penyerahan cinderamata oleh Pemerintah Kota Kupang dan Bank Mandiri. (cr3/gat)

  • Bagikan