Polresta Kawal Pesta Demokrasi Hingga Selesai

  • Bagikan
IST PENGAMANAN. Personel Polresta Kupang Kota saat melakukan pengamanan di gudang logistik KPU Kota Kupang, Senin (26/2)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Tercatat, baru dua kecamatan di Kota Kupang yang telah selesai melaksanakan rapat pleno penghitungan suara tingkat kecamatan. Dua kecamatan itu yakni Kota Raja dan Kota Lama.

Sementata masih tersisa empat kecamatan yang belum selesai melakukan rapat pleno. Keempat kecamatan itu yakni Kelapa Lima, Alak, Maulafa dan Kecamatan Oebobo.

"Kewajiban kita untuk terus mengawal hasil dari pesta demokrasi sampai selesai dan seluruh logistik dibawa untuk simpan di gudang logistik KPU Kota Kupang,” kata Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung.

Penegasan Kapolresta Kupang Kota ini disampaika usai memimpin apel pagi dan saat kegiatan analisa dan evaluasi (Anev) yang dihadiri seluruh pejabat utama (PJU), Kapolsek jajaran dan perwira di Mapolresta Kupang Kota, Senin (26/2).

Rapat pleno penghitungan hasil perolehan suara Pemilu di tingkat PPK, kata Lombes Pol. Aldinan, harusnya sudah berakhir tanggal 25 Februari kemarin. Namun, ada perubahan oleh KPU RI, sehingga diundur pelaksanaan rapat pleno tingkat PPK himgga tanggal 2 Maret mendatang.

Kapolresta Kupang Kota pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan tugas selama Operasi Mantap Brata (OMB) sejak 19 Oktober 2023 hingga kini yang masih dalam keadaan kondusif. Selain itu, proses rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 pada PPK Kecamatan Kota Raja telah selesai.

Personel Polresta Kupang Kota yang tergabung dalam Satgas OMB melaksanakan pengamanan pada PPK Kecamatan Kota Raja, berjumlah 10 orang dibawa pimpinan Ipda Lutfi Satria Nugraha juga terus mengawal pergeseran logistik Pemilu dari Sekretariat PPK Kecamatan Kota Raja ke gudang logistik KPU Kota Kupang.

Total keseluruhan kotak suara sebanyak 785 kotak suara dari 157 TPS serta 31 kotak plastik. Ipda Lutfi menjelaskan bahwa proses pengangkutan kotak suara dilakukan menggunakan enam unit truk yang dikoordinasikan dari kantor pos logistik.

"Setiap truk memiliki tugas dan tanggung jawabnya sendiri dalam mengangkut kotak suara sesuai dengan rincian yang telah ditetapkan," jelasnya.

Truk dengan nomor polisi DH 8689 AN bertugas membawa 180 kotak suara untuk DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota. Sementara truk dengan nomor polisi DH 936 XX mengangkut 180 kotak suara.

Selanjutnya, truk dengan nomor polisi DH 8667 AQ bertanggung jawab atas 195 kotak suara untuk DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota.

Kemudian, truk dengan nomor polisi DH 8332 AQ membawa 110 kotak suara untuk Presiden dan Wakil Presiden RI, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota.

Selanjutnya truk dengan nomor polisi DK 8215 FX, selain mengangkut 13 kotak suara untuk Presiden dan Wakil Presiden RI, juga membawa 31 kotak plastik yang 14 kotak terisi hasil Pleno PPK Kota Raja dan 17 kosong. Dan terakhir yakni ttruk DH 8334 AQ mengangkut 107 kotak suara untuk Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Sekira pukul 11.40 Wita, keenam unit truk telah tiba di gudang logistik KPU Kota Kupang dengan situasi aman," pungkasnya. (r1/gat)

  • Bagikan