Risma Janji Siap Lumbung Sosial saat Kunker ke Desa Golo Wune

  • Bagikan
FANSI RUNGGAT/TIMEX SERAHKAN BANTUAN. Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyerahkan alat bantu jalan untuk lansia di Desa Golo Wune, Minggu (25/2).

BORONG, TIMEX, FAJAR.CO.ID - Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini  melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Golo Wune Kecamatan Lamba Leda Selatan Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Minggu (25/2). Risma berjanji akan menyiapkan lumbung sosial bagi masyarakat setempat.

Dalam kegiatan itu, Risma didampingi Penjabat (Pj) Bupati Matim, Boni Hasudungan dan Sekjen Kementerian Sosial Robben Rico serta sejumlah pejabat dari Kementerian Sosial. Tiba di Desa Golo Wune, rombongan Mensos disambut secara adat oleh tokoh adat bersama masyarakat.

Hadir juga pada kesempatan itu, Kapolres Matim, AKBP Suryanto bersama jajaran, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Matim, Camat Lamba Leda Selatan Marsel Manggas dan para kepala desa. Selain memberikan bantuan sosial, Risma juga berdialog bersama masyarakat.

"Tadi saya sudah mendengar begitu banyak yang disampaikan oleh masyarakat. Termasuk keluhan, terutama mereka yang mengalami gagal panen. Jadi nanti disini saya akan siapkan lumbung sosial di puskesmas terdekat," kata Risma dihadapan masyarakat Golo Wune.

Dijelaskan, lumbung yang akan disediakan itu, sewaktu-waktu masyarakat yang gagal panen tidak memiliki bahan pokok, bisa dapat mengambil bahan tersebut di puskesmas. Sehingga ia berharap lumbung itu nantinya bisa membantu siapa pun yang tertimpa bencana.

"Lumbung ini digunakan kalau warga butuh makanan, itu silakan dibagi. Nanti kalau habis, lapor ke kami. Jadi tolong, saya disiapkan ruangan untuk menyimpan makanan itu dan bahan-bahan lain," ungkapnya.

Ia juga akan siapkan program ternak babi dan ayam yang bisa bertelur untuk penuhi gizi anak-anak di wilayah tersebut. Termasuk ternak jenis kambing dan sapi. Pemerintah daerah dan penyuluh PKH juga diminta agar selalu merespon cepat dan melaporkan kebutuhan masyarakat kecil.

"Nanti Kemensos rencana usulkan untuk punya program terkait makan gratis setiap hari bagi lansia hingga kaum difabel. Berharap progam ini bisa berjalan, agar dapat mengakomodasi mereka yang menjadi kelompok rentan di masyarakat itu," kata Risma.

Tidak lupa dalam kunjungan di Desa Golo Wune, Risma menyerahkan sejumlah bantuan sembako bagi masyarakat, seperti susu, beras dan telur. Tidak hanya itu, sejumlah alat bantu kesehatan juga diberikan kepada para lansia yang mengalami kesulitan. (kr1/ays)

  • Bagikan