Segera Buka Layanan Konsultasi Psikologi Gratis

  • Bagikan
BONEFASIUS BAHY/TIMEX RAPAT. Anggota HIMPSI Kupang menggelar rapat bersama di ruang Prodi Psikologi FKM Undana, Minggu (4/3)

HIMPSI Gelar Rapat Kerja Bersama Seluruh Anggota

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kupang merencanakan untuk membuka konsultasi psikologi secara gratis bagi masyarakat. Agar rencana tersebut bisa berjalan dengan baik, maka HIMPSI Kupang menggelar rapat kerja.

Rapat kerja yang digelar, Sabtu (2/3) ini juga fokus pada pengembangan kompetensi masyarakat serta layanan psikologi bagi masyarakat. Kegiatan rapat kerja ini digelar di ruang Prodi Psikologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana, pukul 09.30-13.30 dan dihadiri oleh seluruh anggota HIMPSI Kupang.

Dalam rapat kerja tersebut, setiap bidang dalam pengurus HIMPSI menyusun program yang akan dijalankan hingga tahun 2027. Program yang disusun juga fokus untk pengembangan kompetensi masyarakat serta layanan psikologi bagi masyarakat.

Ketua HIMPSI NTT sekaligus Dosen Prodi Psikologi FKM Undana, Pradita Manafe yang diwawancarai di sela kegiatan itu menyatakan, layanan psikologi yang dimaksud berkaitan dengan sharing knowledge serta layanan konsultasi gratis serta kerja sama dengan beberapa instansi.

"Program yang kami rencanakan ini tidak hanya dijalankan di Kupang, tapi juga di Maumere dan beberapa daerah yang lain di NTT," ungkapnya.

Selain membahas perencanaan program, dalam rapat tersebut juga membahas secara singkat terkait proses psikotes yang dilakukan oleh tenaga ahli non psikologi.

"Kami juga membahas perihal penangana pasien dalam praktik psikotes. Yang mana, hal tersebut menyalahi aturan Nomor 23 tahun 2022 tentang pendidikan dan layanan psikologi. Jadi, ini mungkin akan ada tindak lanjutnya," tambahnya.

Pradita juga menambahkan, program-program yang mampu dan realistis untuk dilaksanakan sudah disahkan dan akan diterapkan sesuai timeline yang sudah ditentukan oleh masing-masing bidang.

"Harapan saya agar program yang sudah didiskusikan dan disahkan ini dapat berjalan lancar, sehingga anggota semakin merasakan manfaat menjadi bagian dari HIMPSI serta masyarakat lebih aware dengan kesehatan mentalnya,," tandasnya. (cr5/gat)

  • Bagikan