Mempertanyakan Tekling Ederson

  • Bagikan
NET BERBUAH CEDERA. Aksi Ederson Moraes mentekling striker Liverpool FC Darwin Nunez. Akibat tekling tersebut, Ederson justru mengalami cedera.

Lolos Kartu Merah, tapi Cedera 2–3 Pekan

LIVERPOOL,TIMEX.FAJAR.CO.ID – Kiper Manchester City Ederson Moraes masih beruntung karena teklingnya kepada winger Manchester United Alejandro Garnacho pada menit ke-78 dalam derbi Manchester di Stadion Etihad (4/3) tidak disanksi apa pun.

Berbeda dengan tekling Ederson kepada striker Liverpool FC Darwin Nunez pada menit ke-47 di Anfield kemarin (11/3).City harus dihukum penalti yang sukses dikonversi menjadi gol penyama kedudukan 1-1 oleh gelandang LFC Alexis Mac Allister tiga menit kemudian.

Meski begitu, banyak yang mempertanyakan kenapa Ederson hanya menerima kartu kuning dari wasit Michael Oliver atas tekling tersebut. Dengan kata lain, kiper timnas Brasil itu lolos dari kartu merah.

Dalam kasus tekling ke Garnacho, salah satu angle kamera televisi memang memperlihatkan kaki Ederson lebih dulu mendapatkan bola. Akan tetapi, untuk tekling terhadap Darwin, situasinya fifty-fifty.
”Ederson mungkin terbebas dari kartu merah karena pergerakan Darwin Nunez tidak mengarah ke gawang. Artinya, Ederson tidak dianggap menyangkal peluang mencetak gol dari lawan,” ulas The Athletic.

Terlepas luput dari kartu merah di Anfield, Ederson tidak bisa menghindari kenyataan tekling kepada Darwin juga mencederai kakinya. Enam menit setelah gol LFC, dia digantikan Stefan Ortega. Manchester Evening News melaporkan, Ederson kemungkinan menepi 2–3 pekan ke depan. ”Sepertinya (cedera Ederson) serius,” ucap tactician City Pep Guardiola. (ren/c7/dns/jpg/rum)

  • Bagikan