Satpol PP Punya Andil Ciptakan Ketentrama

  • Bagikan
IST POSE BERSAMA. Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake pose bersama Kasat Pol PP NTT Cornelis Wadu dan Pj Walikota Kupang, Fahrensy Funay beserta jajarannya, Rabu (12/3)

Upacara Peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan Satlinmas Tingkat NTT

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Penjabat (Pj) Gubernur NTT, Ayodhia Kalake yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tingkat Provinsi NTT, Rabu (13/3). Sementara Kasat Pol PP Kota Kupang, Achrudin R. Abubakar bertindak sebagai Komandan Upacara.

Upacara dilangsungkan di bawah guyuran hujan dan diikuti oleh peserta upacara dari perwakilan Satpol PP masing-masing kabupaten/kota se-NTT dan juga Satlinmas tersebut bertempat di lapangan upacara Kantor Wali Kota Kupang.

Hadir pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, unsur Forkopimda lingkup Pemprov NTT dan Kota Kupang, Kasat Pol PP dari masing-masing kabupaten/kota se-NTT, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov NTT dan Kota Kupang, para camat dan lurah se-Kota Kupang serta perwakilan ASN lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang.

Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake saat membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyampaikan salam sekaligus apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas di seluruh Indonesia atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini.

“Melalui momentum rangkaian perayaan hari jadi Satpol PP dan Satlinmas tahun ini, Saya berharap kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah dapat terus ditingkatkan dengan semangat, kompetensi dan profesionalitas yang semakin mumpuni guna menunjang tugas pokok serta fungsi operasional di lapangan," ungkap Ayodhia saat membacakan sambutan tertulis Mendagri tersebut.

Ayodhia menjelaskan, sebagaimana yang tercantum pada Pasal 255 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (ditetapkan 30 September 2014), Satpol PP memiliki peran yang besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat serta menegakan Peraturan Daerah.

“Hal ini tentunya memberi makna bahwa Satpol PP sebagai perangkat di daerah mempunyai andil besar dalam menciptakan situasi dan kondisi yang tenteram, tertib dan teratur sesuai dengan kewenangannya dalam penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah,” ujarnya.

Dikatakan, peran strategis Satpol PP dalam menciptakan situasi yang kondusif telah dibuktikan pada saat pelaksanaan tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu. Satpol PP menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemilu melalui penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), Distribusi Logistik dan hal teknis pendukung lainnya.

Ia juga menerangkan peran penting Satlinmas dalam tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif, dimana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang ditetapkan pada tanggal 15 Agustus 2017, petugas keamanan, ketenteraman dan ketertiban di setiap TPS berasal dari Satlinmas sebanyak 2 (dua) personil.

“Tidak hanya berperan di TPS pada saat pemungutan suara, Satlinmas juga berperan dalam menciptakan situasi yang kondusif di luar TPS dan disetiap tahapan pemilu sebagaimana amanat Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum yang ditetapkan pada tanggal 30 Januari 2009," jelas Ayodhia.

Pada kesempatan upacara tersebut, Ayodhia juga mengingatkan pesan Mendagri terkait beberapa hal kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas. Pesan tersebut yakni, para anggota Satpol PP dan Satlintas agar terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam menciptakan suasana aman dan tertib dalam mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024. Selain itu, harus terus berkoordinasi serta berkolaborasi bersama dengan TNI/Polri dan Forkopimda melakukan pemantauan terhadap harga bahan pokok untuk memastikan kecukupan stok dan stabilitas harga, serta ketersediaan BBM, terutama dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H;

Berikutnya yakni harus meningkatkan profesionalisme serta kapasitas aparatur, dalam urusan ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat sebagai salah satu urusan wajib pelayanan dasar.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake dan juga Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay diikuti juga oleh para Kasat Pol PP kabupaten/kota se-NTT yang hadir. Upacara yang berlangsung ditengah kondisi hujan tersebut dimeriahkan dan ditutup oleh atraksi bela diri taktis dan senam tongkat oleh para satuan penegak Perda tersebut. (cr1/thi/gat)

  • Bagikan