Perluas Pasar Internasional, BPOLBF Gandeng Garuda Indonesia Gelar Famtrip dan Table Top Meeting

  • Bagikan

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) berkolaborasi bersama Garuda Indonesia kembali menggekar Familiarization Trip (Famtrip) dan Table Top Meeting menghadirkan 10 Travel Agent dan Tour Operator (TA dan TO) Outbound Company dan MICE Company asal Singapura sehingga mampu membuka peluang MICE dan paket wisata baru untuk pasar Singapura.

Dalam release yang diterima Timor Express, Minggu (24/3) menjelaskan Famtrip ini dilaksanakan di Labuan Bajo selama empat hari, dari tanggal 21-24 Maret 2024 dengan beberapa agenda kunjungan ke beberapa spot wisata di Labuan Bajo, lalu dilanjutkan dengan kegiatan Table Top program B2B (Business to Business) di Ayana Komodo Waecicu Resort, Labuan Bajo. Kolaborasi ini diharapkan dapat makin mempromosikan dan sekaligus memperluas pangsa perjalanan dan MICE Labuan Bajo ke pasar internasional.

Dalam kesempatan ini Garuda Indonesia menghadirkan 10 TA/TO yaitu EU Holidays, Chan Brothers Travel, Hongthai Travel, CTC, WTS, Namho Travel, Webuy Travel untuk kategori Outbound TA, dan WeConex, Applied MICE, Spledour Holiday untuk kategori Mice Company selaku Buyers, sementara BPOLBF mengajak 18 Sellers atau pengusaha wisata di Labuan Bajo yaitu Ayana Komodo Waecicu Beach, La Moringa, Meruorah Hotel Labuan Bajo, Cajoma Phinisi, NTT DMC, Grand Komodo, Komodo Escape, Jayakarta Hotel, DOCK, Sudamala Komodo Resort, GAHAWISRI, Plataran Komodo Resort, Ta'aktana Luxury Collection, Getrudis Travel, ASITA, ASKAWI, dan AWSTAR.

Dalam sesi Table Top Meeting Pasar Singapura ini Plt.Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh menyampaikan bahwa Famtrip merupakan cara yang sangat efektif dalam mempromosikan destinasi dan produk pariwisata. "Kami percaya bahwa dengan membuat famtrip dan table top seperti ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam mempromosikan destinasi pariwisata, dan saya harap dengan melaksanakan table top business meeting ini kita bisa mengamplifikasi ke dalam banyak paket tour di Labuan Bajo,"ujar Frans.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk memperluas pasar wisata khususnya Singapura, dengan mengembangkan paket wisata MICE dan Outbound di Labuan Bajo dan Flores, serta meningkatkan kunjungan wisatawan Singapura ke Labuan Bajo.

Lebih lanjut, Frans juga menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia sangat membutuhkan kerja sama yang baik bersama dengan para stakeholders, pengusaha wisata, maskapai dan masyarakat lokal. "Pemerintah Indonesia sangat membutuhkan kerja sama yang baik bersama para stakeholders, pengusaha wisata, airlines, dan masyarakat lokal dan Kami mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia, Ayana Waecicu Resort dan semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kolaborasi ini. Semoga Labuan Bajo bisa menjadi destinasi pariwisata terbaik di Indonesia maupun dunia," lanjut Frans.

Di kesempatan tersebut, Sales Manager Garuda Indonesia, Bayu Kristiawan mengatakan Travel Agent dan Tour Operator Singapura memberikan respon positif atas penyelenggaraan famtrip di Labuan Bajo. Dia mengaku senang karena akhirnya Garuda Indonesia Singapore bisa berkolaborasi bersama BPOLBF dalam kegiatan Famtrip dan Table Top kali ini bersama TA/TO Singapura. Dengan berbagai koordinasi yang kami lakukan selama ini, kami mendapatkan respon yang cukup cepat dan baik dari TA/TO Singapura dan cukup banyak yang mau ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. "Kami sebagai airlines akan terus berusaha dalam mempromosikan Labuan Bajo agar semakin banyak para wisatawan mancanegara yg datang kesini," janji Bayu.

Senada diutarakan General Manager Ayana Komodo Waecicu Beach, Dermot Birchal bahwa berdasarkan data pemesanan kamar di Ayana, wisatawan Singapura berada pada urutan ke 6. Dirinya menyampaikan terima kasih karena sudah diajak untuk berkolaborasi dalam kelancaran kegiatan famtrip serta table top untuk Singapore Travel Agent. Berdasarkan data  bookingan kamar Ayana di tahun 2023, terdapat bookingan Group dengan 29.61%, Online Travel Agent 27,30%, bookingan website 17.78%, Travel Agent 16.14%, dan Direct Booking 9.17%, dan wisatawan singapura berada pada urutan ke 6 pada bookingan kamar di tahun 2023. "Saya harap dengan adanya table top ini, wisatawan Singapura bisa semakin tertarik untuk berkunjung ke Labuan Bajo,"jelasnya.

Salah satu peserta TA dan TO atau buyers Singapura Cathy Loh, menyampaikan bahwa dia akan berusaha sebaik mungkin untuk bisa mempromosikan Labuan Bajo ke Pasar Singapura.

"Ketika saya mendengar kabar bahwa akan ada famtrip dan table top di Labuan Bajo, saya senang sekali, karena ini merupakan kali kedua saya ke Labuan Bajo. Saya akan mempertimbangkan terkait tawaran dari setiap pengusaha wisata yang hadir saat ini dan berusaha sebaik mungkin untuk bisa mempromosikan Labuan Bajo ke pasar singapura,"jelas Cathy.

Di sisi lain, Sellers dari NTT Destination Management Company (DMC), Oyan memberi tanggapan atas hasil B2B yang dilakukan pada Table Top kali ini, yaitu pihak seller harus dapat mempersiapkan paket tour agar bisa menyesuaikan dengan segmen pasar buyer. Dia juga berterima kasih kepada BPOLBF dan Garuda Indonesia serta seluruh sponsor yang sudah memfasilitasi kami untuk bertemu dengan potensi buyers dari Singapura. Melalui table top ini kami bisa mendapatkan feedback dari para buyers terkait harga paket wisata di Labuan Bajo apakah masuk ke harga market mereka atau tidak. Dari beberapa buyer yang sudah saya lakukan penawaran tadi, bahwa segmen market mereka adalah luxury, yang dimana seharusnya masuk ke paket tour kita, tetapi ada beberapa TA dan TO yang merasa bahwa harga paket tour Labuan Bajo ini cukup tinggi, jadi perlu kami pelajari lebih detail lagi segmen market mereka. "Dengan Feedback dari mereka ini, kita harus bisa lebih prepare lagi dengan menyiapkan paket tour yang sesuai segmen pasar buyers," kata Oyan.

Adapun agenda Famtrip dari Singapore Travel Agent ini adalah menikmati sunset dinner diatas phinisi, mengelilingi pulau di kawasan Taman Nasional Komodo,  berkunjung ke Puncak Waringin, dan aktivitas wisata lainnya.

Asal tahu, kegiatan ini disponsori oleh Garuda Indonesia, Kemenparekraf, BPOLBF, Ayana Komodo Resort Waececu Beach, Ayana Cruise, La Moringa, Royal Mori, Kellan, Cajoma, Grand Komodo, Escape, Plataran Resort, Ta'aktana a Lucury Collection Resort & Spa Labuan Bajo.(kr2)

  • Bagikan