Eratkan Silaturahmi Sesama Warga Keturunan Jawa dan Masyarakat NTT

  • Bagikan
IMRAN LIARIAN/TIMEX BERSAMA. Keluarga besar K2S NTT pose bersama di Gedung Raudhah Asrama Haji Transit Kupang di sela pelaksanaan mubes ke-II yang digelar, Jumat (26/4)

Dari Pelaksanaan Mubes ke-II K2S NTT

Organisasi yang sehat selalu menggelar musyawarah besar (Mubes). Mubes sendiri adalah kegiatan yang dilakukan dalam sebuah organisasi untuk pembentukan ketua umum beserta jajaran pada suatu organisasi.

IMRAN LIARIAN, Kupang_

UMUMNYA, mubes biasa dilakukan di akhir kepengurusan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk melakukan rencana kegiatan demi kemajuan sebuah organisasi ke depan.

Maju mundurnya suatu organisasi terletak pada kualitas dan kuantitas pengurus yang ada di dalamnya. Namun itu saja tidak cukup. Diperlukan juga loyalitas dan konsistensi untuk mempertahankan atau mengembangkan organisasi dengan baik.

Sama halnya dengan Kontak Kerukunan Sosial (K2S) Nusa Tenggara Timur (NTT). K2S NTT juga menggelar mubes ke II. Kegiatan ini nertempat di Aula Asrama Haji Transit Kupang, Sabtu (27/4).

Agenda mubes ini yakni laporan pertanggungjawaban pengurus, pembahasan AD/ART dan pemilihan Ketua Umum K2S NTT.

Peserta dalam kegiatan ini berasal dari pengurus K2S kabupaten/kota se-NTT. Sementara yang punya hak pilih setiap kabupaten/kota sebanyak lima orang. Selain itu, ada juga peserta penggembira dan pendiri K2S.

"Mubes ini adalah pesta demokrasi K2S," kata Ketua Umum K2S NTT, Poedji Watono di Gedung Raudhah Asrama Haji Transit Kupang, Jumat (26/4).

Penjabat (Pj) Gubernur NTT dan unsur Forkopimda NTT juga diundang dalam kegiatan ini. Selain itu, ikut diundang juga Forum Pembaruan Kebangsaan NTT. Forum ini adalah wadah dari berbagai etnis yang ada di NTT berjumlah 38 etnis.

Menariknya, ada penampilan tarian yang dibawakan oleh Sanggar Lopo Gaharu.

"Mubes ini juga dirangkai dengan kegiatan halal bihalal. Ini sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi antarsesama warga Jawa yang tersebar di kabupaten/kota di NTT," ungkapnya.

Terkait dengan pemilihan Ketua Umum K2S NTT ini, Purnomo Juliyanto mengatakan, selaku panitia pemilihan dirinya berharap agar proses dari mubes tersebut dan hasil penjaringan nama-nama calon ketua dari aspira warga Jawa yang tersebar di kabupaten/kota, muncul sekira enam orang.

Jumlah tersebut selanjutnya ditetapkan dua calon dan satunya incumben yakni Poedji Watono.

Ketua Panitia Pelaksana, H. Muntoim, menjelaskan bahwa antusiasme warga Jawa dari kabupaten/kota sangat tinggi. Tuan rumah kegiatan Mubes kali ini adalah K2S Kota Kupang.

"Kegiatan ini dapat berjalan atas kerja sama semua warga K2S dari kabupaten/kota. Sementara dananya berasal dari swadaya sendiri ," jelasnya.

Menurutnya, kehadiran K2S di Kota Kupang telah banyak menggelar program sosial yang memberikan dampak positif kepada masyarakat. (*/gat)

  • Bagikan

Exit mobile version