Umat Muslim di Kupang Timur Kurban 66 Ekor Hewan

  • Bagikan
Umat Muslim di Kupang Timur saat menjalankan Salat Id di Masjid Agung Darul Hidayah, Naibonat, Senin(17/6) pagi. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Umat Muslim di wilayah Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang menyembelih sebanyak 66 hewan kurban pada momentum hari raya Idul Adha 1445 Hijriah tepatnya pada Senin (17/6/2024) masehi. Jumlah hewan kurban ini terdiri dari 26 ekor sapi dan 40 ekor kambing.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kupang Timur mengumumkan, jumlah hewan kurban tersebut merupakan sumbangan umat di enam masjid di wilayah Kupang Timur, antara lain Masjid Agung Darul Hidayah Naibonat berupa 9 ekor sapi dan 15 ekor kambing, Masjid Nurul Jadid Babau (Sapi 2 ekor, Kambing 5 ekor), Masjid Al Muhajirin Kayu Putih Oesao (Sapi 3 ekor, Kambing 4 ekor), Masjid Babussalam Oesao (Sapi 6 ekor, Kambing 12 ekor), Masjid Asyamsi Polres Kupang (Sapi 2 ekor), dan Masjid Raknamo (Sapi 4 ekor, dan Kambing 4 ekor).

Hewan-hewan kurban ini disembelih di masing-masing masjid usai Salat Id yang berlangsung di Masjid Agung Darul Hidayah Naibonat. Dalam Salat Id bertajuk "Ibadah Haji dan Etos Berkurban dalam Nalar Humanis-Spiritual" itu, bertindak selaku Imam adalah H. Syarifuddin, A.Md.Kes dengan Bilal Solichin.

Sementara Khatib Salat Id adalah Dr. Umar Sulaiman Bethan, S.Ag., M.Ag. Dalam khotbahnya, Dr. Umar meminta umat Islam setempat untuk melakukan restorasi dalam tubuh masing-masing, dan melakukan perubahan dalam diri dengan meninggalkan kejahatan di masa lalu.

"Melakukan restorasi dalam tubuh kita, melakukan perubahan dalam diri dan meninggalkan kejahatan masa lalu dan melakukan proses evolusi untuk menjadi manusia berakhlak," pesan Dr. Umar.

Terpantau media ini, umat Muslim di wilayah Kecamatan Kupang Timur mulai berdatangan ke Masjid Agung Darul Hidayah Naibonat pada pukul 06.15 Wita. Beberapa saat kemudian, masjid yang terletak di Kampung Kerukunan itu mulai dipenuhi umat yang hadir. Mereka tampak khusuk menjalani ibadah yang biasa disebut juga Lebaran Haji itu. (aln)

  • Bagikan