Berikan Kesempatan bagi Peserta Didik untuk Eksplore Kehalian

  • Bagikan
IMRAN LIARIAN/TIMEX LKS. Kepala SMKN 6 Kota Kupang, Asa Manason Lahtang saat memantau langsung jalannya kegiatan LKS pada program keahlian TJKT di SMKN 6 Kota Kupang, Jumat (9/8).

Kiat SMKN 6 Kota Kupang Memacu Kompetensi Para Peserta Didiknya

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi para peserta didik. Melalui kegiatan LKS maka tenaga pendidik bisa mengetahui kemampuan para peserta didiknya masing-masing.

IMARAN LIARIAN, Kupang_

DENGAN mengetahui kehahlian serta kemampuan para peserta didik sejak dini maka akan menjadi mudah mengikutsertakan setiap peserta didik dalam setiap kompetisi keahlian baik di tingkat sekolah, daerah dan bahkan nasional. Atas dasar itulah maka SMKN 6 Kota Kupang menggelar kegiatan LKS tingkat sekolah.

Kegiatan LKS ini sekaligus untuk mendorong semangat berprestasi peserta didik setiap peserta didik dalam setiap kompetisi yang diadakan setiap tahun. Karena itu, SMKN Kota Kupang dibawa kepemimpinan Asa Manason Lahtang, menggelar kegiatan LKS.

Sesuai agenda, kegiatan LKS di SMKN 6 Kota Kupang akan berlangsung selama tiga sejak tanggal 9, 10 dan 12 Agustus. Kegiatan ini berlangsung di SMKN 6 Kota Kupang dan diikuti oleh para siswa-siswi kelas X, XI dan kelas XII.

Kepala SMK Negeri 6 Kota Kupang, Asa Manason Lahtang menjelaskan bahwa dalam rangka menyongsong HUT ke-79 Kemerdkaan RI maka pihaknya menggelar dua kegiatan besar. Dua kegiatan itu terbagi dalam dua kepanitaan untuk guru dan siswa.

Khusus untuk kepanitiaan guru ada LKS tingkat program studi (Prodi) atau program keahlian dan Satuan Pendidikan. Biasanya, kata ASa Manason Lahtang, LKS ini memang digelar mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga ke tingkat nasional.

Siswa-siswi yang mengikuti LKS juga hanya sebagian saja atau siswa-siswi terpilih yang mengikuti LKS untuk mewakili sekolah. Artinya, kata dia, tidak semua siswa-siswi mengikuti LKS tersebut.

"Sebagai kepala sekolah saya ingin semua anak siswa-siswi mengikuti LKS sehingga kami buatlah LKS tingkat Prodi di SMK Negeri 6 Kupang," jelasnya.

Digelarnya LKS di sekolah ini maka semua siswa-siswi mempunyai kesempatan yang sama mengikuti LKS. Artinya, semua siswa-siswi dilibatkan.

"Konsep berpikir saya ini semua siswa-siswi SMKN 6 Kupang memiliki kesempatan mengikuti LKS yang kami gelar di sekolah," ungkapnya.

Ketika LKS digelar tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga ke tingkat nasional maka tidak semua siswa-siswi mempunyai kesempatan atau hanya perwakilan siswa saja.

"Kan tidak semua anak terlibat. Padahal, semua anak ini kita harus pacu untuk perlu berlomba sehingga ide saya ini harus gelar LKS di sekolah," jelasnya.

Harapannya dengan LKS ini memacu siswa-siswi untuk berkompetisi dan memotivasi agar lebih giat belajar serta mendalami setiap skill dan keterampilan yang mereka dapat di sekolah.

Wakik kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yang juga Ketua Panitia HUT ke-79 RI SMKN 6 Kota Kupang, Oktovianus Saudale menjelaskan bahwa dua kegiatan yang digelar ini yaitu LKS tingkat program keahlian atau program studi.

Setiap program keahlian mempunyai mata lomba masing-masing yang dibawa koordinator guru-guru jurusan masing-masing program keahlian. Kegiatan kedua untuk memerintahkan gebyar sekolah pada tanggal 13-15 Agustus 2024 juga ada lomba-lomba seperti tarik tambang, kebersihan kelas, menyanyi, menari dan lainnya.

LKS ini melibatkan siswa-siswi kelas X, XI, dan kelas XII,yang terdiri dari lima program keahlian.
Pertama, program keahlian TJKT (Teknik Jaringan Komunikasi Telekomunikasi)ada 5 mata lomba.
Kedua, program keahlian PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Game) ada 2 mata lomba.
Ketiga, program keahlian DKV ( Desain Komunikasi Visual) ada 1 mata lomba.

Keempat, program keahlian MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis) ada 2 mata lomba.
Kelima, program keahlian AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga) ada 2 mata lomba.

"Kegiatan LKS ini baru pertama kali kami gelar sehingga siswa-siswi juga sangat bersemangat dalam berkompetisi ini," ungkapnya.

Diharapkan ke depannya menjadi agenda rutin tahunan digelar. Dalam setahun bisa dua kali kegiatan yaitu dalam rangka HUT ke-79 RI pada Agustus dan HUT SMKN 6 Kupang pada Oktober.

" Kami juga ada kerja sama dengan SMK Surya Permata Eban," ujarnya.

Untuk diketahui, pihak SMK Permata Eban sudah bermitra dengan SMK Negeri 6 Kupang.

"Sudah berjalan 2 tahun," ujarnya.

Sebanyak 16 orang Siswa-siswi dari SMK Permata Eban melaksanakan PKL di SMK Negeri 6 Kupang. Mereka PKL pada program keahlian PPLG. Waktu PKL selama 3 bulan.

" Dalam LKS ini mereka juga terlibat," pungkasnya. (gat/dek)

  • Bagikan