BMKG Imbau Waspada Banjir Rob di Tiga Pulau NTT

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Stasiun Klimatologi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir (ROB) di tiga pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peringatan ini dikeluarkan resmi melalui surat Nomor: ME.01.02/PDR/01/KTUG/I-2022. Berlaku tanggal 14 – 15 Januari 2022.

Kepala Stasiun BMKG Kupang, Moh. Syaeful Hadi, SP, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa akibat adanya pengaruh dari aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi, angin kencang, serta ditunjang dengan curah hujan tinggi dapat memengaruhi dinamika pesisir di wilayah NTT berupa potensi banjir pesisir.

“Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada adanya potensi fenomena banjir pesisir (ROB) yang diprediksi terjadi pada tanggal 14 Januari sampai 15 Januari 2022,” ungkap Syaeful.

BACA JUGA: BMKG Imbau Warga Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi

Dijelaskan, daerah pesisir yang diminta waspada banjir ROB yakni pesisir Pulau Flores, Alor, Sumba, Timor, dan pesisir Pulau Rote.

Menurutnya, hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir. Tak hanya itu, aktivitas petani garam, perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan juga diprediksi ikut terganggu.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG melalui https://pets-maritim.bmkg.go.id atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” pungkasnya. (*)

PENULIS: Imran Liarian

  • Bagikan