Bupati Rote Ndao Lantik 22 Kades Persiapan Tepat Dihari Valentine

  • Bagikan

BA’A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, mengambil sumpah dan melantik 22 Penjabat Kepala Desa (Pj. Kades) persiapan yang tersebar di tujuh kecamatan, Senin (14/2).

Tujuh kecamatan itu, yakni Rote Barat Daya, Loaholu, Lobalain, Rote Tengah, Pantai Baru, Rote Timur, dan Rote Barat. Para Pj. Kades yang dilantik itu diangkat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Rote Ndao. Para Pj. Kades ini bertugas mempersiapkan pemekaran desa hingga pemilihan kepala desa definitif.

“Semuanya dilantik hari ini, Senin (14/2) oleh mama Bupati (Paulina Haning, Red). Dan yang dilantik dari ASN,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao, Leri A. Z. Rote, di Ba’a, Senin (14/2).

Pelantikan tersebut menurutnya, dilaksanakan bertepatan dengan hari kasih sayang atau Valentine Day. Dan yang lebih mengesankan adalah, dilakukan bertepatan dengan tiga tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao.

Leri menjelaskan, sebelum penetapan 22 penjabat Kades ini, terlebih dulu dilakukan inventarisasi calon Pj Kades persiapan yang diusulkan oleh camat kepada bupati untuk ditetapkan melalui keputusan Bupati Rote Ndao.

BACA JUGA: Penjabat Kades Persiapan Pemekaran Segera Dilantik

Berikut ini nama-nama para Pj. Kades per kecamatan:

Kecamatan Rote Barat Daya:

1. Desa Persiapan Soruk: Paulus Mooy
2. Desa Persiapan Ngaiholu: Hajai Manu
3. Desa Persiapan Okabeuk: Yerdi Mulyadi Henuk
4. Desa Persiapan Huleama: Januarius Behar
5. Desa Persiapan Foembura: Julius Lusi
6. Desa Persiapan Fia Fangga: Stefen C. Nalle

Kecamatan Loaholu:

7. Desa Persiapan Oelaba: Frans Markus Ndun

Kecamatan Lobalain:

8. Desa Persiapan Suesama: Yakob D. Lekeama
9. Desa Persiapan Leteklain: Dance Ariyon Mbado
10. Desa Persiapan Ne’e: Stefanus Mbatu
11. Desa Persiapan Lelain: Simon Dunggun
12. Desa Persiapan Loman: Agustus Ndolu
13. Desa Persiapan Menggelama: Dedi P. E. Manafe
14. Desa Persiapan Nitaso: Jery Fahrudin

Kecamatan Rote Tengah:

15. Desa Persiapan Lidaloak: Adibu Papa Dethan
16. Desa Persiapan Lidasue: Bonik E. D. Ballo
17. Desa Persiapan Daifadin: Eduard Pellondolu

Kecamatan Pantai Baru:

18. Desa Persiapan Tetuli: Jebi Gerson Lusi
19. Desa Persiapan Tungaoli: Adrianus Teti

Kecamatan Rote Timur:

20. Desa Persiapan Tandetui: Agabus Killok
21. Desa Persiapan Penaoen: Marstiana E. Bolla

Kecamatan Rote Barat:

22. Desa Persiapan Teu Esa: Elias Lifu

“Masing-masing Pj Kades yang diangkat ini akan memimpin desa persiapan dalam periode kepemimpinan selama satu tahun. Setelah itu bisa diperpanjang dan atau diganti dengan Pj. Kades yang baru,” jelas Leri.

Pengangkatan Pj Kades tersebut dituangkan dalam Keputusan Bupati Rote Ndao Nomor: 70/KEP/HK/2022, tentang pengangkatan penjabat Kepala Desa persiapan di Kecamatan Rote Barat Daya, periode 2022-2023. Yang secara berurutan hingga bernomor: 76/KEP/HK/2022 Keputusan Bupati Rote Ndao Nomor: 70/KEP/HK/2022, tentang pengangkatan penjabat Kepala Desa persiapan di Kecamatan Rote Barat.

Saat melantik, seluruh Pj Kades menggunakan busana khas Rote Ndao. Begitu juga istri para Kades sebagai pendamping. Demikian halnya Bupati Paulina, yang sebelum melantik, terlebih dahulu meresmikan ke-22 desa persiapan itu.

“Dengan memohon tuntunan dari Tuhan yang Maha Esa, hari ini, saya, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, meresmikan 22 desa persiapan di Kabupaten Rote Ndao,” kata Bupati Paulina, seraya memukul gong tandas peresmian desa persiapan itu. (mg32)

  • Bagikan