PLN Gelar Simulasi Tanggap Darurat Gempa dan P3K

  • Bagikan

KUPANG, TIMEX – Memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2022, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kupang bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi NTT Kota Kupang dan pegawai organik dan non organik PLN, mengadakan simulasi tanggap darurat gempa bumi dan kebakaran di lingkungan kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kupang di Jalan Palapa No 27 Kota Kupang pada Jumat (11/2).

Giat simulasi ini dihadiri oleh Manager PLN UP3 Kupang, Meyrina Turambi, beserta jajaran dan seluruh peserta dari pegawai PLN serta tim dari PMI Kota Kupang.

Meyrina mengatakan, giat simulasi ini selain sebagai salah satu bentuk memperingati Bulan K3 Nasional 2022 juga merupakan salah satu upaya untuk mengedukasi sejak dini terkait evakuasi penyelamatan dalam meminimalisir kemungkinan buruk, atau hal-hal yang tidak diinginkan dalam situasi darurat.

“Bukan hanya sebagai bentuk peringatan Bulan K3 Nasional 2022, Giat simulasi ini besar harapannya akan menambah pengetahuan dalam menunjang pekerjaan sehari-hari, kesiapan diri dan simulasi ini dilakukan untuk melatih kesiapsiagaan insan PLN dalam memberikan pertolongan pertama bila terjadi keadaan darurat, sekaligus meningkatkan kompetensi dalam menghadapi kondisi darurat,” ucap Meyrina.

Sementara, Ketua PMI Kota Kupang, dr. Hermanus Man sekaligus merupakan Wakil Wali Kota Kupang selain memaparkan materi Mengenal Bahaya Gempa Bumi juga menyampaikan apresiasinya pada PLN yang secara berkelanjutan melakukan simulasi sebagai bentuk kepedulian terhadap ancaman yang dapat datang sewaktu-waktu dan menyiapkan individu yang paham akan bahaya bencana.

“Kami dari PMI Kota Kupang mengucapkan terimakasih karena dilibatkan dalam giat simulasi kali ini, Karena pada dasarnya PMI mempunyai 3 fungsi Utama yaitu Pelayan Kesehatan saat dibutuhkan oleh Pemerintah-Penanggulanan Bencana-serta Melakukan Bakti Sosial Donor Darah. Giat simulasi ini merupakan salah satu program untuk mendorong pemberdayaan kapasitas pegawai untuk selalu siaga dalam mencegah serta mengurangi dampak dan resiko bencana yang terjadi di berbagai tempat khususnya lingkungan PLN,” ujar Hermanus.

Penyelenggara dari Bidang K3L PLN UP3 Kupang dan ULP Kupang beserta seluruh pihak yang bekerja sama dan peserta simulasi merespon positif kegiatan tersebut dan diharapkan memahami berbagai arahan dari tim yang bertugas.

Besar harapannya dalam kegiatan simulasi ini peserta yang hadir menjadi lebih handal, lebih waspada, dan lebih tangguh serta siap setiap saat ketika terjadi keadaan darurat.

Selain menggelar Giat Simulasi Simulasi Tanggap Darurat Gempa Bumi, PLN UP3 Kupang juga menyelenggarakan Aksi Donor Darah pada hari Rabu 9 Februari 2022 sebagai Peringatan bulan K3 Nasional tahun 2022.(r2/rum)

  • Bagikan