Gelar Coffee Morning, Dandim 1627/Rote Ndao Minta Info Sumber Air yang Belum Dikelola

  • Bagikan

BA’A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Komandan Distrik Militer (Dandim) 1627/Rote Ndao, Letkol Inf. Bayu Panji Bangsawan, meminta bantuan untuk diinfokan sumber mata air. Permintaan tersebut disampaikan dalam acara coffee morning, di garasi serbaguna Kodim Rote Ndao, Kamis (17/2).

Acara ini merupakan kegiatan perdana Letkol Bayu setelah dirinya mengemban tanggung jawab sebagai Dandim menggantikan Letkol Inf. Educ Permadi. Coffee morning ini dihadiri sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat, forum kerukunan umat beragama (FKUB), dan pekerja media/wartawan.

“Saya minta, tolong diinfokan tentang keberadaan sumber-sumber air yang belum dikelola. Kebetulan, kami punya program untuk itu,” pinta Letkol Bayu dalam pertemuan itu.

Menurutnya, salah satu program lanjutan dari Kodim kepada masyarakat adalah tentang penyediaan air bersih, melalui program pompa hidram. Sehingga informasi tentang keberadaan sumber air yang bisa dikelola untuk dimanfaatkan masyarakat, sangat dibutuhkan.

Namun demikian, kata Letkol Bayu, terhadap sumber air yang ingin disentuh program tersebut, disebutnya harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya memiliki beda tinggi atau elevasi sehingga dapat dimaksimalkan sebagai sumber energi untuk menggerakan pompa hidram.

“Tapi ada syaratnya, harus tidak kering walau musim kemarau, dan punya elevasi atau beda tinggi. Biar pompanya bisa digerakan oleh air itu sendiri,” kata Letkol Bayu.

Dikatakan, Rote Ndao, merupakan daerah yang kaya terhadap potensi alam. Namun, masih saja didapati warga yang mengeluh karena kesulitan air bersih.

Atas persoalan tersebut, Letkol Bayu tertarik untuk berkeliling dan menjumpai langsung masyarakat. Tujuanya, untuk lebih mengenal Rote dengan persoalan yang tengah dialami dan selanjutnya bisa menawarkan solusi terhadap masalah itu sendiri.

“Saya berusaha tahu betul situasi yang ada di Pulau Rote. Saya jalan dari ujung ke ujung, karena memang saya juga mau tahu, kira-kira apa yang bisa kita berikan. Minimal untuk mengurangi beban masyarakat,” katanya.

Sebelum menyampaikan permintaan tersebut, Letkol Bayu terlebih dahulu mengapresiasi kehadiran tetamu yang diundang. Menurutnya, kerelaan meluangkan waktu untuk menghadiri kegiatan tersebut merupakan kebanggaan tersendiri terhadap dirinya bersama seluruh prajurit TNI yang ia pimpin.

“Saya ucapkan terima kasih, kepada bapak-bapak, tokoh masyarakat, tokoh agama, kemudian pejabat pemerintah, rekan-rekan wartawan, yang mau menyempatkan diri untuk datang mengikuti acara ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, out put yang diharapkan dari kegiatan tersebut, selain masukan dan juga hal yang bersifat informatif, dirinya lebih ingin menjalin silaturahmi agar dapat membina dan merekatkan hubungan persahabatan yang lebih erat.

“Biar kita bisa kikis rasa curiga kita satu sama lain. Sehingga orang-orang di luar kita yang ingin nyusahin, bisa kita konter secara bersama-sama,” harapnya. (mg32)

  • Bagikan