Survei SMRC: 69 Persen Warga NTT Puas dengan Kinerja Gubernur VBL

  • Bagikan

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terhadap kinerja pembangunan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari survei bertajuk “Kondisi sosial-ekonomi dan Kinerja Pemerintah Provinsi: Pandangan Masyarakat NTT” yang dirilis Selasa (22/2) di Jakarta itu, hasilnya menyebutkan bahwa mayoritas warga NTT mengapresiasi pelaksanaan pemerintahan di provinsi ini.

Survei opini publik ini digelar pada 20 – 28 Januari 2022 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Terdapat 1.213 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling dari seluruh populasi NTT yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei yang dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani itu menunjukkan bahwa , sebanyak 62 persen warga menilai pelaksanaan pemerintahan di provinsi NTT berjalan baik atau sangat baik. Sementara yang menilai sebaliknya, buruk atau sangat buruk hanya sekitar 9 persen. Yang menyatakan sedang 24 persen. Masih ada 5 persen yang belum memberi penilaian.

“Dalam evaluasi atas berbagai kondisi infrastruktur dan pelayanan, sekitar 85 persen warga NTT menilai kondisi Puskesmas sudah baik atau sangat baik. Penilaian yang positif juga diberikan pada penanganan wabah Covid-19 yang mana ada 83 persen warga NTT yang menilai baik, kondisi gedung sekolah (78 persen), dan pengadaan jaringan listrik bagi warga (70 persen),” papar Deni dalam rilis hasil survei yang diterima TIMEX, Selasa (22/2).

Penilaian yang kurang maksimal ada pada sektor pengadaan air bersih bagi warga, dimana hanya mencapai 54 persen, dan kondisi jalan raya mencapai 47 persen.

Puas dengan Kepemimpinan VBL

SMRC juga merilis temuan surveinya, dimana, mayoritas warga NTT mengaku puas dengan kinerja Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

Menurut Deni Irvani, tingkat kepuasan publik pada Gubernur VBL sebesar 69 persen. Yang menyatakan sebaliknya hanya sekitar 24 persen, dan yang tidak tahu/utidak menjawab 7 persen. Sementara tingkat kepuasan publik pada kinerja Josef Nae Soi sebagai wakil Gubernur NTT sebesar 59 persen. Selanjutnya yang berpendapat sebaliknya sebesar 25 persen, dan yang tidak dapat memberi penilaian 16 persen.

Lebih jauh Deni menjelaskan bahwa apresiasi terbesar publik untuk kinerja Pemprov NTT ini ada pada sektor kesehatan dan pendidikan. “Pada dua sektor ini, tingkat kepuasan publik mencapai 71 persen. Sementara untuk sektor ekonomi sebesar 64 persen, dan infrastruktur sebanyak 51 persen,” papar Deni. (aln)

  • Bagikan