Tanpa Banyak Bicara, Gubernur Sultra Teken Surat Dukung NTT-NTB Tuan Rumah PON 2028

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Josef A. Nae Soi, MM yang juga Ketua Umum KONI tengah melakukan kunjungan ke sejumlah provinsi di tanah air. Kegiatan ini dalam rangka menggalang dukungan bagi Provinsi NTT dan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tengah berjuang menjadi tuan rumah bersama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII tahun 2028 nanti.

Tercatat, sejak akhir Januari hingga akhir Februari ini, sudah ada 11 provinsi yang didatangi langsung Wagub NTT juga Bupati Ngada, Paru Andreas untuk menggalang dukungan itu. Dan mayoritas menyatakan dukungan bagi NTT-NTB sebagai tuan rumah bersama penyelenggara PON Nusa Tenggara 2028. Upaya menggalang dukungan juga dilakukan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dengan menelpon langsung sejumlah gubernur.

Provinsi-provinsi yang sudah didatangi langsung Wagub Josef Nae Soi dan pengurus KONI NTT, yakni Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur. Lalu Sumatera Selatan, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara (Sumut), dan Sulawesi Tenggara. Khusus NAD dan Sumut, Wagub Josef bertemu langsung Gubernur dan pengurus KONI-nya saat rapat di Jakarta belum lama ini. Sementara dua provinsi di ujung timur Indonesia, yakni Papua dan Papua Barat diwakili oleh Bupati Ngada, Paru Andreas.

Dari provinsi-provinsi yang sudah didatangi itu, mayoritas mendukung NTT-NTB menjadi tuan rumah bersama PON 2028, kecuali DIY yang meminta waktu untuk membicarakan dukungan ini secara internal.

Saat ini, Wagub Josef bersama Wakil Ketua Bidang IPTEK dan Litbang KONI NTT, Refafih Gah, Frits Bria Seran (Ketua Bidang Organisasi), Riky Kasematan (Wakil Bendahara), dan Servas Poso (Anggota Bidang Organisasi) tengah melawat ke Pulau Sulawesi. Minggu (27/2), Wagub Josef dan rombongan mendarat di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan bertemu Gubernur Ali Mazi serta pengurus KONI setempat.

BACA JUGA: Dukung NTT-NTB Tuan Rumah PON 2028, Menpora: Terus Lobi Pemprov dan KONI se-Indonesia

BACA JUGA: PON 2028: Sudah 6 Provinsi Dukung NTT-NTB Tuan Rumah, Wagub JNS: Habis Jawa Sisir Sumatera

Menariknya, dalam pertemuan Wagub NTT dan Gubernur Ali Mazi itu, tak banyak yang dibicarakan. Wagub Josef hanya menyampaikan maksud kedatangan dalam rangka meminta dukungan menjadi tuan rumah PON untuk NTT-NTB. Tanpa banyak berpikir, sebuah surat dukungan bernomor 21/KONI-SULTRA/II/2022 langsung ditandatangani Gubernur Ali Mazi dan Ketua Umum KONI Sultra, La Ode Suryono. Surat dukungan tertanggal 26 Februari 2022 itu isinya menyatakan dukungan secara penuh agar Provinsi NTT dan NTB menjadi tuan rumah bersama PON XXII/2028.

“Tadi tidak banyak yang dibicarakan. Setelah mendengar penyampaian Pak Wagub NTT, Pak Gubernur Sulawesi Tenggara langsung sampaikan dukungan dengan video dan juga surat dukungan. Beliau (Gubernur Sultra, Red) juga siap membantu untuk menggalang dukungan bagi NTT dan NTB di beberapa provinsi kepulauan,” ungkap Servas Poso, pengurus KONI NTT yang menyertai kunjungan Wagub NTT di Kendari kepada TIMEX, Minggu (27/2).

Sebagaimana video dukungan Provinsi Sultra berdurasi 21.23 detik yang diterima TIMEX, Minggu (27/2), Gubernur Sultra, Ali Mazi dengan didampingi jajarannya bersama Wagub NTT, Josef Nae Soi dan pengurus KONI menyatakan, “Saya, Ali Mazi, SH, hari ini, tanggal 27 Februari 2022 menyatakan bahwa, mendukung pelaksanaan PON XXII tahun 2028 di NTT dan NTB. Sekian dan terima kasih.”

Wagub NTT, Josef Nae Soi, sebelumnya pada rapat bersama pengurus KONI NTT, di ruang rapat Gubernur NTT, Jumat (25/2) mengajak seluruh pengurus untuk bekerja maksimal demi memenangkan proses bidding dan mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028.

“Untuk tim lobi, saya pimpin langsung untuk lakukan pendekatan dengan provinsi lain untuk mendukung PON 2028. Kita pendekatan langsung ke gubernur atau wakil gubernur setiap provinsi, bukan saja pada Ketua KONI provinsi,” kata Josef sebagaimana disampaikan Ketua Bidang Humas KONI NTT, Prisilia Parera usai rapat itu. (aln)

  • Bagikan