Kata Mereka Tentang TIMEX di HUT Ke-19: Jadilah Contoh Pembangunan Peradaban Komunikasi

  • Bagikan
Ketua DPRD NTT, Ir. Emelia J. Nomleni. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Harian Pagi Timor Express (TIMEX) kembali menemui hari ulang tahun (HUT) ke-19 tepat pada 21 Juni 2022. Media cetak terbesar di NTT itupun mendapat dukungan dan doa dari berbagai pihak untuk terus eksis di tengah perkembangan teknologi komunikasi saat ini.

Orang nomor satu di NTT, yakni Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menyampaikan selamat kepada Timor Express yang menemui ulang tahunnya yang ke-19.

Politikus Partai Nasdem itu berharap Timor Express terus menjadi contoh pembangunan peradaban komunikasi dan menyampaikan informasi-informasi edukatif bagi masyarakat NTT. "TIMEX harus memberikan informasi, edukasi, dan menjadi contoh pembangunan komunikasi serta menjadi corong terdepan pembangunan SDM NTT," harap Gubernur VBL.

Harus Konsisten

Dukungan juga datang dari Ketua DPRD NTT, Ir. Emelia J. Nomleni. Politikus yang juga Ketua Umum DPD PDI Perjuangan NTT ini menyampaikan selamat ulang tahun ke-19 buat Timor Express. Dengan semangat HUT, terus maju dan berkembang dalam mengemban tugas sesuai dengan amanat UU Pers Nomor 40/1999.

Sosok perempuan yang akrab disapa Mama Emi juga menyebut, sesuai motto TIMEX, Cerdas dan Konsisten, pilihan itu harus terus dijalankan. Dengan segala dampak dan konsekuensi yang bakal dihadapi.

"Berdiri di garis tak berpihak bukan hal mudah. Itu membutuhkan ketulusan, konsistensi sikap, tindakan, dan tanggungjawab menjadi pilihan yang tidak ringan tapi tetap harus dilakukan tanpa harus menciderai relasi yang sudah terbangun," katanya.

Sebagai media, kata Mama Emi, TIMEX tentu paham benar apa itu perkembangan, perubahan, dan kemajuan. Itu keniscayaan sejarah. Bila sedikit menoleh ke belakang, jauh sebelum media sosial semasif sekarang, media mainstream termasuk TIMEX menjadi acuan informasi dan pengetahuan bagi publik dan masyarakat secara keseluruhan. "Kita bisa berefleksi soal ini," katanya.

Mama Emi menambahkan, pers sebagai media komunikasi massa dan pembentuk opini publik, harus bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional sehingga harus ada jaminan dan perlindungan hukum terhadap para jurnalis.

Untuk itu, TIMEX tetap dan harus menjalankan fungsi kontrol terhadap individu, lembaga publik termasuk perilaku medsos. Serta tetap menjunjung tinggi etika dan berpedoman pada kode etik profesi secara baik dan benar.

"Atas nama pribadi dan DPRD NTT secara lembaga serta keluarga besar PDI Perjuangan NTT, saya menyampaikan banyak terima kasih kepada Harian Timor Express yang telah hadir dan memberikan warna dalam derap langkah daerah ini. Salam hormat untuk pimpinan dan semua karyawan. Khusus untuk para jurnalis, jangan berhenti berkarya untuk kepentingan publik. Teruslah berbuat untuk NTT dan Indonesia," pesannya.

Tokoh senior NTT, Ir. Esthon L. Foenay juga tak ketinggalan dalam memberi selamat kepada TIMEX di HUT-nya yang ke-19 ini.

Mantan Wakil Gubernur NTT itu menyebut media Timor Express dalam pemberitaan kepada publik, sangat relevan dengan dinamika dan perkembangan masyarakat. Sesuai juga dengan situasi dan kondisi wilayah dan pengaruh-pengaruh terhadap ekonomi, sosial di wilayah NTT serta informasi dan publikasi perkembangan NKRI. "Dunia globalisasi teknologi dan internasional saat ini TIMEX cepat dan tepat mempublikasikan," katanya.

Esthon menyebutkan, dalam realisasi dan implementasi jurnalistiknya, TIMEX telah membantu rakyat NTT dalam percepatan meningkatkan taraf hidup. "Selamat dan proficiat kepada TIMEX," ucapnya.

Menjadi Media Terpercaya dan Independen

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengharapkan agar Harian Pagi Timor Express menjadi media yang bertanggungjawab dan independen.

Pada HUT ke-19 yang jatuh pada setiap 21 Juni itu, Jenderal polisi dengan dua bintang tersebut mengharapkan agar TIMEX terus maju, terdepan dalam memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat di NTT. "Ciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif dan pembangunan yang lebih maju di NTT dengan pemberitaan. Selamat hari ulang tahun TIMEX ke-19," ucapnya Irjen Pol Setyo Budiyanto kepada media ini, Senin (20/6).

Beri Edukasi dan Pembeda Bagi Pembaca

Setelah eksis selama 19 tahun, Harian Pagi Timor Express diharapkan terus memberi edukasi dan pendidikan melalui rubrik-rubrik yang ada. Hal ini dikemukakan Rektor Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD.

Menurut Pater Philipus, sejauh ini, TIMEX telah menjalankan tugs jurnalistiknya secara baik di wilayah NTT. Fungi kontrol juga terus dilakukan untuk berbagai kegiatan pembangunan, baik infrastruktur, SDM dan pengawasan terhadap pelaksanaan pendidikan di semua lembaga pendidikan di NTT.

"Berita-berita dari pengamatan saya sebagai pembaca sudah dilakukan secara baik dan memberikan edukasi dan pendidikan kepada masyarakat sehingga bisa mendorong kualitas SDM di lembaga pendidikan," katanya.

Pater Philipus berharap ke depan berita pendidikan lebih banyak disajikan kepada pembaca sehingga mendukung pelaksanaan pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi. "Terus eksis dan menjadi pembeda bagi pembaca dan mendukung pelaksanaan pendidikan di NTT," pesannya.

Hal senada juga disampaikan Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang, Harun Natonis. Ia mengatakan, dirinya sudah mengetahui dan menjadi pembaca koran harian TIMEX sejak lama.

Harun mengaku senang membaca TIMEX karena ada banyak hal yang dipublikasi dan berdasarkan fakta di lapangan. "Berita-berita yang disajikan tidak saja berisifat informasi tapi sangat mengedukasi pembaca dan lengkap karena banyak rubrik yang bermanfaat," katanya.

Harun berharap dengan semangat ulang tahun ke-19, TIMEX terus menyajikan berita yang berkualitas karena dengan perkembangan teknologi saat ini banyak berita yang bisa diakses tetapi belum lengkap. "TIMEX harus terus menjadi rujukan pembaca. Tetap mempertahankan keunggulan berita yang beragam saat ini. Selamt ulang tahun ke-19 untuk TIMEX," ucapnya. (r3/ito/aln)

  • Bagikan

Exit mobile version