Matim Garap Puluhan Paket Pekerjaan Jalan, 7 Proyek Sudah Lelang

  • Bagikan
Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Matim, Ima Raydais. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

6 Paket Jalan Dibiayai Pakai Dana Pinjaman Daerah

BORONG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) tahun ini menggarap sekira 49 paket pekerjaan jalan. Dari jumlah itu, sebanyak 7 paket proyek senilai Rp 60 miliar sudah masuk proses tender dan mulai eksekusi lapangan.

"Tujuh paket ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Total pagu dananya Rp 60 miliar. Tahapanya sudah kontrak dan sudah mulai pelaksanaan lapangan," jelas Kepala Dinas PUPR Matim, Yos Marto ketika dikonfirmasi TIMEX melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Ima Raydais, di ruang kerjanya, Rabu (6/7).

Ima menjelaskan, ketujuh paket proyek DAK itu, terdiri dari lima paket jalan hotmix, yakni peningkatan jalan Dangka-Mangkang-Benteng Jawa, peningkatan jalan Kembur-Watu Ngiung-Metuk, peningkatan Jalan Kisol-Mok-Paan Lelang, peningkatan Jalan Watu Cie-Deno, dan peningkatan Jalan Dangka Mangkang-Watu Nggong.

Selanjutnya, kata Ima, ada dua paket proyek konstruksi lapen, yakni kelanjutan peningkatan jalan Wae Bobo-Liang Bala-Bondei-Nanga Rawa, dan peningkatan jalan Nunur-Mbapo. Sementara pembangunan jalan raya yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), saat ini masih dalam proses tender atau lelang prencanaan.

"Kalau yang bersumber dari DAU 2022, masih proses lelang perencanaan. Total anggaranya sekira Rp 11 miliar untuk 36 paket. Dimana termasuk di dalamnya pokir DPRD. Kalau sudah lelang perencanaan, baru masuk lelang fisik," jelas Ima.

Ima menyebutkan, terkait paket proyek jalan yang dibiayai dari dana pinjaman daerah, jumlahnya ada enam paket. Tahapanya, saat ini masih proses untuk dilakukan lelang perencanaan. Semuanya untuk peningkatan jalan hotmix. Namun yang pasti, proyek infrastruktur jalan hotmix itu sudah dimasukan dalam postur APBD 2022 pada Dinas PUPR.

Ruas jalan yang direncanakan dibangun menggunakan dana pinjaman itu, yakni Dangka Mangkang-Watunggong, pembangunan jalan hotmix ruas Dangkang Mangkang-Benteng Jawa, ruas jalan Benteng-Jawa-Satar Teu, ruas jalan Kembur-Metuk, ruas jalan Kembur-Paka-Nceang, dan ruas jalan Sok-Wae Care. (*)

Penulis: Fansi Runggat

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan