45 Orang Ikut Ujian Tertulis, DPD KAI NTT Jamin Cetak Pengacara Berkualitas

  • Bagikan
UJIAN ADVOKAT. Para calon advokat tengah mengerjakan soal ujian tertulis yang digelar DPD KAI NTT di Hotel Kristal Kupang, Sabtu (6/5). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menggelar ujian kepada calon advokat atau pengacara baru.

Sebanyak 45 orang yang pendaftar dan tengah mengikuti tahapan seleksi tertulis di Hotel Kristal Kupang, Sabtu (6/5).

Ketua Panitia, Karel Here, SH mengatakan tahapan tersebut telah dimulai dengan pembukaan pendaftaran sejak tanggal 20 Februari hingga 30 April 2023.

Pembukaan pendaftaran kurang lebih tiga bulan itu dimanfaatkan dengan baik oleh para calon advokat di seluruh NTT. "Mereka yang daftar ada 45 orang. Dan hari ini kita mulai melakukan tes tertulis," sebutnya.

Dijelaskan, tes tertulis tersebut dilangsungkan selama satu hari dengan soal-soal yang disediakan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KAI dan soal yang dikerjakan peserta ujian, dikembalikan kepada DPP untuk diperiksa.

Menurut Karel yang juga salah satu pengacara kondang itu bahwa pihaknya hanya sebagai penyelenggara sedangkan semua penilaian dan penentuan kelulusan menjadi kewenangan dari DPP sehingga tidak ada intervensi maupun upaya meloloskan peserta oleh panitia.

Lanjut Karel, setelah tes tertulis dan dinyatakan lulus maka peserta ujian melanjutkan ke tahapan pendidikan yang akan diselenggarakan selama satu minggu di bulan Juli mendatang. Lalu dilanjutkan dengan proses pelantikan organisasi dan pengajuan pengambilan sumpah ke Pengadilan Tinggi.

"Semua peserta atau calon advokat ini berasal dari seluruh NTT," sebutnya.

Terkait animo calon pengacara yang mendaftar di organisasi KAI Tahun 2023 sendiri mengalami peningkatan. "Kita ingin menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sebagaimana diamanatkan undang-undang," pintanya.

Melalui seleksi yang digelar, pihaknya tetap menjamin kualitas pengacara hasil didikan KAI NTT karena para peserta benar-benar diuji bagaimana menjalankan tugas sebagai pengacara nantinya.

Ia berharap agar semua peserta mengikuti semua tahapan dengan baik dan semuanya bisa dinyatakan lulus serta dilantik sebagai seorang pengacara.

"Semua tahapan ini akan dilakukan secara ketat sehingga kami menjamin pengacara yang dicetak oleh KAI benar-benar berkualitas," tandasnya. (r3)

  • Bagikan

Exit mobile version