5.000 Dosis Vaksin Rabies Siap Disalurkan ke 51 Kelurahan di Kota Kupang

  • Bagikan
VAKSIN. Tampak warga Kota Kupang tengah mengantri pelayanan vaksin anjing di Halaman Kantor Gubernur NTT, Sabtu (10/6). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Sebanyak 5.000 dosis vaksin rabies siap disebarkan ke seluruh kelurahan di wilayah Kota Kupang untuk mencegah penyebaran penyakit rabies pada anjing.

"Kami mendapatkan vaksin anti rabies sebanyak 5.000 dosis yang akan mulai digunakan untuk vaksin hewan," kata Kepala Bidang Veteriner, Yappy Manafe, Sabtu (5/8).

Dia menjelaskan, dengan jumlah vaksin 5.000 dosis, akan di distribusikan ke 51 kelurahan di Kota Kupang. Pihaknya sedang menunggu hasil pendataan jumlah anjing dari kelurahan.

"Kami sudah bersurat ke semua kelurahan untuk melakukan pendataan warga yang memiliki hewan peliharaan, data itu yang kami pakai untuk melakukan pelayanan," ujarnya.

Pasalnya, kata Yappy, jumlah vaksin yang terbatas sehingga harus didata secara baik, hewan anjing yang menjadi sasaran. Surat untuk pendataan hewan pun sudah disampaikan Dinas Pertanian Kota Kupang kepada semua kelurahan, bahkan sejak sebulan yang lalu.

"Kalau dari jumlah 5.000 dosis, maka kita bagi untuk 51 kelurahan, satu kelurahan hanya mendapatkan 80 dosis saja," ungkapnya.

Terhadap informasi adanya penyakit rabies yang masuk wilayah Kota Kupang, Yappy mengaku belum menerima informasi tersebut. (r2)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan