Rayakan Dies Natalis Undana, DWP Undana Gelar Baksos

  • Bagikan
BAKSOS. Dalam rangka Dies Natalis Undana ke-61, DWP Undana mengadakan Baksos di tiga tempat dengan tajuk, Bersama DWP Undana Berempati Menuju Undana Unggul dan Jaya, Jumat (8/9). (FOTO: ISTIMEWA).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka Dies Natalis Undana ke-61, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Nusa Cendana (Undana) mengadakan Bakti Sosial (Baksos) di tiga tempat dengan tajuk Bersama DWP Undana Berempati Menuju Undana Unggul dan Jaya, Jumat (8/9). 

Baksos ini diberikan kepada panti asuhan dan para pemulung di TPA Alak juga kepada Cleaning Service, Security dan Supir di lingkungan Undana. 

Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc, yang didampingi Wakil Rektor I, Prof. Dr. drh. Annytha I.R. Detha, M.Si., membuka kegiatan ini secara resmi di Sekretariat DWP Undana, Jumat (8/9). 

Dalam sambutannya, dia memberikan apresiasi atas kegiatan positif yang dilakukan DWP Undana dan mengajak para penerima agar tidak menilai pemberian DWP Undana dari  segi barangnya tetapi menerima tali kasih persaudaraan yang ada melalui kegiatan ini. 

Ny. Hembang Murni Pancasilawati Sanam selaku Ketua DWP Undana, dalam sapaannya kepada penerima manfaat di ketiga tempat tersebut mengatakan bahwa baksos ini adalah bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial mereka kepada masyarakat. 

Dia berharap, dengan kegiatan ini dapat menanamkan nilai-nilai empati, peduli, kerjasama dalam tim dan tanggung jawab, serta meningkatkan dan mempererat tali persaudaraan baik internal, sesama keluarga Undana maupun dengan masyarakat luar. 

"Apa yang kami serahkan adalah titipan dari para donatur baik dari lingkungan Undana maupun dari Sahabat DWP Undana yang berada di luar Undana, juga dari mitra/sponsor kami; Kalbe, Charroen Pokphand Foundation Indonesia dan BPR Christa Jaya,” jelas Hembang.

Ketua panitia kegiatan, Sandra Benyamin de Rozari menyampaikan, kegiatan ini merupakan program kerja dari Bidang Sosial dan Budaya DWP Undana, dalam pelaksanaannya melibatkan DWP Sub Unit FST Undana. 

“Baksos ini dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama Baksos diadakan di dua tempat, yakni, penyerahan bantuan paket sembako kepada 35 penerima manfaat, Cleaning Service,  Security dan Supir di lingkungan Undana bertempat di Sekretariat DWP Undana," jelasnya. 

Selain itu, penyerahan paket sembako dan pakaian layak pakai kepada penghuni Panti Asuhan Bhakti Luhur (Susteran Alma) di Kelurahan Sikumana. Sedangkan hari kedua pada Sabtu (9/9), diadakan baksos dalam bentuk penyerahan 50 paket sembako kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Kecamatan Alak dan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada supir truck pengangkut sampah. 

Respon positif akan kegiatan ini juga didapatkan dari anak-anak Panti Asuhan Bhakti Luhur, Susteran Alma Kelurahan Sikumana. Mereka antusias dan bergembira menyambut kunjungan DWP Undana. Suster Yolanda, mewakili anak-anak Panti Bhakti Luhur menyampaikan rasa terima kasih mereka atas kepedulian DWP Undana. 

“Suatu kesyukuran bagi kami, di hari ulang tahun yang ke-60, kami mendapatkan berkat dari DWP Undana. Teriring ucapan terima kasih kami kepada para donatur yang telah peduli kepada anak-anak kami,” kata Sr. Yolanda.

Kegiatan Baksos DWP Undana hari pertama ditutup dengan sebuah lagu dari anak-anak Panti Asuhan Bhakti Luhur yang mengungkapkan perasaan mereka terhadap pandangan orang lain terhadap keberadaan mereka. “Disyukuri dan dijalani,” kata mereka tentang hidup. 

Hari ke dua, para penerima manfaat di TPA Alak juga menyambut antusias kegiatan ini. Mereka yang terdiri dari pengelola, pemulung dan supir truck sampah di TPA Alak mendapat pelayanan kesehatan gratis dari tiga orang dokter dan sembilan orang perawat dari Rumah Sakit Undana. 

Dokter yang melayani mereka, antara lain dr. Redemptus, dr. Iswaningsih dan dr. Freny Rosa Dupe, S.Ked.  Selain itu mereka juga mendapatkan paket sembako, pakaian layak pakai,  bingkisan asupan sehat (susu, vitamin, arem-arem dan telur rebus) setelah pemeriksaan kesehatan dan bingkisan berisi makanan ringan, vitamin, susu dan alat tulis-menulis untuk anak-anak mereka. (r2) 

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan