Sampoerna Siap Biayai Pendidikan Anak Matim

  • Bagikan
IST TANDA TANGAN. Bupati Matim, Agas Andreas dan Head of Fundraising Universitas Sampoerna disaksikan Kadis PPO Matim menandatangani MoU di Jakarta.

BORONG, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menjalin kerja sama dengan Universitas Sampoerna dalam dunia pendidikan. Salah satu poinnya, universitas berstandar internasional ini akan membiayai anak-anak generasi muda dari Matim untuk masuk kuliah.

"Kita sudah tekan MoU dengan pihak Universitas Sampoerna. Salah satu poin dalam MoU itu bantuan pendidikan Sarjana di Universitas Sampoerna. Jadi nanti anak-anak dari Matim dapat beasiswa," ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Matim, Winsensius Tala, Rabu (15/11).

Menurutnya, penandatangan MoU dilakukan oleh Bupati Matim, Agas Andreas dan Head of Fundraising Universitas Sampoerna, Ida Bagus GW Putra di Jakarta pada 8 November 2023. Sampoerna merupakan universitas berstandar internasional yang telah bekerja sama dengan University of Arizona di Amerika.

Kerja sama yang dibangun itu merupakan sistem sharing dari sisi pembiayaan, dimulai dari tuition fee sampai living allowance. Disepakati, Pemerintah Kabupaten Matim dan Sampoerna akan membiayai siswa-siswi tamatan SMA atau SMK yang lolos seleksi dan akan mewakili Kabupaten Matim untuk kuliah di Universitas Sampoerna.

"Sampoerna University untuk melaksanakan tes tahap satu yaitu diagnostic test (DT) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Matim dalam waktu dekat. Seleksi awalnya dimulai dengan pembukaan pendaftaran melalui online portal bagi siswa-siswi Kabupaten Matim yang memiliki nilai rapor SMA rata-rata 80 ke atas," jelasnya.

Dia menjelaskan, siswa-siswi yang mengikuti tahapan awal seleksi, selanjutkan akan mendapat program pemantapan. Dilanjutkan tes kedua, yaitu LOEP test yang meliputi pelajaran matematika, pengetahuan umum dan bahasa Inggris. Selain program beasiswa, Sampoerna juga ada program peningkatan kapasitas mutu guru melalui kegiatan pelatihan. (kr1/ays)

  • Bagikan