Etnobiologi dan Inovasi Sains Dukung Pembelajaran di Era Digital

  • Bagikan
RESTI SELY/TIMEX SUASANA KEGIATAN. Suasana kegiatan Bioexpo ke-4 Tahun 2023, Rabu (22/11).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang menggelar Kegiatan Bioexpo ke-4 Tahun 2023 dengan mengusung tema "Etnobiologi dan Inovasi Sains dalam Mendukung Pembelajaran di Era Digital" di Kampus UKAW Kupang, pada 22-25 November 2023.

Kegiatan tersebut bertujuan memotivasi generasi penerus dalam meningkatkan minat mempelajari biologi dengan penerapan metode proyek sains berbasis kearifan lokal.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi UKAW Kupang, Fransina T.H. Nomleni, menyampaikan program Bioexpo merupakan program tahunan. Setiap tahun diadakan untuk mengangkat kreativitas mahasiswa.

"Untuk prodi kami menjadi salah satu ajang untuk mempromosikan prodi di sekolah-sekolah maupun instansi terkait dan masyarakat," katanya, Rabu (22/11).

Tidak hanya melibatkan perguruan tinggi, tetapi juga siswa SMA di Kota Kupang untuk memperkenalkan prodi dan membangun kerja sama.

Selain itu, Fransina juga mengajak mahasiswa prodi pendidikan biologi untuk terus mengembangkan kreatifitasnya.

"Karena sesuai dengan profil prodi kita bahwa tidak hanya menjadi seorang guru, tetapi juga menjadi peneliti dan entrepreneurship," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Apriliana Balo menyampaikan, ada berbagai kegiatan yang juga diadakan untuk mendorong jiwa kompetisi generasi penerus dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran biologi proyek sains berbasis kearifan lokal.

Dengan menggunakan teknologi digital dan publikasi inovasi produk penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui rangkaian lomba demo sains, lomba video pembelajaran interaktif, lomba poster ilmiah, ngopi bareng alumni dan Biologi mengajar dan berbagi.

"Bioexpo empat tahun juga menampilkan kearifan lokal NTT dengan melibatkan UMKM, pekerja seni dan budaya NTT," tuturnya.

Peserta Kegiatan Bioexpo sendiri berasal dari SMA/K Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Kupang juga perguruan tinggi Undana, Unimor dan UKAW Kupang. Ada pula pelajar SMP, mitra, alumni dan masyarakat. (cr1/thi)

  • Bagikan