Desa O’besi, Desa Moderasi Beragama Binaan IAKN Kupang

  • Bagikan
IST. Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Y. Natonis, M.Sisaat di Desa O'besi

Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama

KUPANG,FAJAR.CO.ID - IAKN Kupang (Kemenag) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang, dalam kerjasamanya dengan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS),resmi meresmikan Desa O'besi sebagai Desa Moderasi Beragama, Senin (18/12) ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat.

Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Y. Natonis, M.Si, dan Asisten 1 Bupati TTS, Denny Nubatonis, S.Sos.M.Si, memimpin upacara peresmian tersebut. Selain mereka, turut hadir Camat Mollo Utara yang diwakilkan oleh Sekretaris Camat Mollo Utara, Kepala Kantor Kementerian Agama Timor Tengah Selatan yang diwakili oleh Kepala Seksi Urusan Agama Kristen TTS, Danramil 162103 yang diwakili oleh Babinsa/Babinkabtimmas Desa O'Besi Oktovianus Tolla, Kepala Desa O'besi Kecamatan Mollo Utara Gustaf Willa, serta para tokoh agama dan masyarakat di Desa O'besi.

MC Merling Messakh, M.Pd., membuka acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin dirigen Yefta Bako, M.Sn. Ketua Panitia, Dr. Anita A. Hege Udju, M.Pd., menyampaikan laporan panitia untuk memberikan gambaran tentang persiapan dan tujuan kegiatan.

Asisten 1, mewakili Bupati TTS, dalam sambutannya menyatakan kekagumannya terhadap masyarakat Desa O'besi yang heterogen namun mampu menjaga kekeluargaan dan toleransi.

"Kegiatan kekeluargaan di Desa O'besi sangat tinggi, bahkan menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal toleransi dan kekeluargaan," ujarnya. Asisten 1 juga memberikan pesan kepada peserta untuk mengikuti materi dengan baik karena ilmu memiliki nilai yang tinggi, serta menghargai orang yang memberikan ilmu.

Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Y. Natonis, M.Si, menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama bagi tokoh masyarakat dan tokoh agama. Rektor mengapresiasi keberagaman masyarakat Desa O'besi dan menekankan pentingnya mempertahankan nilai-nilai kebersamaan.

"Dalam hal iman, kita boleh berbeda, namun dalam hal sosial, kita adalah saudara. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, bukan hanya sesamamu Kristen," kata Rektor dengan kerinduannya agar IAKN Kupang menjadi rumah bagi semua orang.

Kegiatan pembukaan ini diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin Ustad Mahdi Fallo, Tokoh Agama di Desa O'besi.

Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi dua pembicara yakni Dr. Daud S.Luji, M.Pd dan Dr. Yakobus Adi Saingo, M.Pd. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama dua hari yakni Senin (18-19/12). Penutupan sosialisasi dilaksanakan Selasa oleh Wakil Rektor III, Soleman Baun, M.Pd.K. Penulis Merling Messakh, M.Pd. (*)

  • Bagikan