UKAW Buka Empat Program Pascasarjana

  • Bagikan
SAMBUTAN. Rektor UKAW Kupang, Prof. Ir Godlief Fredrik Neonufa MT ketika menyampaikan sambutannya saat kuliah umum di Aula Yohanes UKAW, Senin (15/1)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang terus melakukan pengembangan sistem pendidikan dengan membuka Program Pascasarjana.

Rencana pembukaan program pascasarjana ini telah diajukan ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) dan Kemendikbud RI.

Terdapat empat empat program pascasarjana yang siap dibuka yakni Akupuntur di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Magister Hukum di Fakultas Hukum (FH), Magister Menejemen di Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Pertanian.

Hal tersebut diungkap Rektor UKAW Kupang, Prof. Ir Godlief Fredrik Neonufa MT usai mengikuti kuliah umum di Aula Yohanes UKAW, Senin (15/1).

Prof Godlief menjelaskan, universitas yang dinahkodainya itu kini berusia 38 tahun dengan status akreditasi Baik Sekali dan berada pada klaster perguruan tinggi Utama. "Sudah dua tahun dalam posisi utama atau setara dengan Undana," katanya.

Melihat perkembangan pendidikan dan kebutuhan lapangan kerja saat ini mendorong untuk membuka pascasarjana tersebut.

Dari sisi sumber daya manusia (SDM), menurutnya sudah sangat memenuhi standar karena tenaga pengajar (dosen) dengan kualifikasi dokter sudah cukup, bahkan lebih dari standar yang ditentukan.

"Salah satu standarnya yakni memiliki dosen dengan gelar dokter lima orang sedangkan kami sudah memenuhi itu bahkan lebih. Kami juga melakukan kerjasama dengan Universitas Satya Wacana dan Perguruan Tinggi Kristen Indonesia lainnya untuk memenuhi kebutuhan dosen. Para dosen ini mereka bersedia dilibatkan dalam rencana pembukaan program pascasarjana ini," sebutnya.

Lanjutnya, rencana pembukaan program Pascasarjana ini karena mendukung pembangunan di bidang pendidikan.

"Kebutuhan pendidikan saat ini tidak cukup hanya S1 sehingga di berbagai kesempatan diskusi, kami mendapat masukan-masukan untuk pengembangan pendidikan dari berbagai pihak. Dan sejumlah jurusan ini sudah memenuhi syarat untuk membuka program baru," pintanya.

"Kita terus membenahi dan melengkapi semua syarat agar pada tahun ajaran baru sudah bisa menerima mahasiswa baru," tambahnya.

Ia menyebut, saat ini UKAW Kupang baru memiliki dua jurusan program pascasarjana dan semuanya berfokus di Magister Teologi. (cr6/thi)

  • Bagikan