151 Mahasiswa mengikuti KKNT Fakultas Teknik

  • Bagikan
EFRENDI NABEN/TIMEX. KULIAH UMUM. Kuliah Umum yang dilakukan pada hari pertama KKNT Fakultas Teknik, Unwira Kupang bertempat di lobi Gedung Teknik, Selasa (16/01)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang kini tengah menggelar Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Semester Genap di Gedung Teknik, dimulai pada Selasa (16/01).

KKNT kali ini mengangkat tema besar "Engineering and technology for society's sustainable growth," dan melibatkan 151 mahasiswa semester VI dari tiga program studi (Prodi) berbeda, terdiri dari 55 peserta teknik arsitektur, 60 teknik sipil, dan 36 teknik ilmu komputer.

Berbeda dengan format KKN di tahun-tahun sebelumnya, KKNT kali ini memulai dengan pemberian materi di kampus untuk memberikan bekal kepada mahasiswa sebelum mereka turun ke lapangan.

Ketua Panitia, Gregorius Paus Usboko, ketika diwawancarai menyampaikan bahwa KKNT merupakan kegiatan yang dilakukan memenuhi permintaan dari Tri Dharma perguruan tinggi.

"Tujuan utama KKNT adalah untuk memenuhi Tri Dharma, yang mencakup pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," ujar Gregorius.

KKNT tahun ini dirancang dengan dua agenda besar, yakni Kuliah umum di kampus dan pengabdian kepada masyarakat di Desa Baumata Timur, melibatkan peserta dari ketiga Prodi.

Gregorius juga, berharap agar KKNT bisa membantu mahasiswa dalam mengimplementasikan Tri Dharma perguruan tinggi, terutama pengabdian kepada masyarakat berdasarkan pengajaran yang didapatkan dari kuliah umum tersebut.

"Pertama, untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, dan kedua, menjawab kebutuhan masyarakat serta memberikan pemahaman langsung mengenai kebutuhan di masyarakat," ungkapnya.

Kegiatan KKNT akan berlangsung selama satu bulan ke depan, dimulai sejak Selasa tanggal 16 Januari hingga 16 Februari 2024.

Selama periode tersebut, mahasiswa akan terlibat dalam serangkaian kegiatan yang mencakup aspek pengajaran, penelitian, dan pemberian kontribusi kepada masyarakat.

Harapannya, KKNT ini tidak hanya menjadi rutinitas akademis, tetapi juga menjadi wahana bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan berkontribusi nyata dalam pembangunan berkelanjutan masyarakat. (cr3/thi)

  • Bagikan