Undana Jadi Tempat Timba Ilmu di PMM IV

  • Bagikan
RESTI SELI/TIMEX POSE BERSAMA. Wakil Rektor IV Undana, Prof. Jefri Bale dan PIC PMM Undana, Dr. Rolland Fanggidae pose bersama mahasiswa outbound PMM 3, outbound 4 dan inbound 4 di Gedung Graha Cendana, Selasa (16/1).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Universitas Nusa Cendana (Undana) kembali di percaya sebagai pelaksana Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan IV. Hal itu setelah tahun 2023 tidak menerima mahasiswa pertukaran (Inbound).

Karena itu, di tahun 2024 Undana kembali dipercaya sebagai Penyelengara PMM IV (Inbound-Outbound). PIC PMM Undana, Rolland Fanggidae mengatakan, tahun ini mahasiswa Inbound sebanyak 284 yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia.

Angka tersebut menunjukkan adanya peningkatan mahasiswa Inbound di Undana, dari PMM 2 tahun 2022 yang hanya sebanyak 234 mahasiswa.

"Minat besar ini ditunjukan dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftar dan menjadikan Undana sebagai kampus pilihan mereka, karena mahasiswa di beri kesempatan memilih jadi mereka memilih Undana," jelasnya.

Para mahasiswa Inbound PMM 4 tersebut akan mengikuti kegiatan perkuliahan di Undana.

"Mereka akan menjalankan perkuliahan selama 1 semester di Undana mulai 17 Januari hingga 31 Mei 2024. Mereka tersebar di 45 prodi S1," terang Rolland, Selasa (16/1).

Sedangkan, mahasiswa Undana yang akan melakukan pertukaran di berbagai kampus luar (Outbound) sebanyak 202 mahasiswa, dan tersebar di Sabang sampai Merauke.

Dalam pertukaran ini, jelasnya, mahasiswa akan melakukan perkuliahan secara reguler dan ada mata kuliah Modul Nusantara yang menjadi mata kuliah penciri, dimana mahasiswa akan belajar tentang keaneka ragaman budaya NTT, toleransi dan eksplorasi kekayaan alam NTT.

Rolland menyebut, Undana dengan pola ilmiah pokok lahan kering kepulauan memberikan warna berbeda dari proses pembelajaran, selain itu keanekaragaman budaya, toleransi dan kekayaan alam menjadi daya tarik tersendiri.

"Harapannya bagi yang masuk ke Undana, mereka dapat mengikuti berbagai perkuliahan dengan baik dan kegiatan-kegiatan modul, mereka dapat menikmati kota kasih dengan bahagia," harapnya.

Dia juga berharap, bagi mahasiswa Undana yang ikut pertukaran Outbound, dapat menimba ilmu lebih di kampus tujuan, mengingat kampus-kampus yang menjadi tujuan juga merupakan kampus-kampus terbaik di Indonesia. (cr1/thi)

  • Bagikan