Terapkan Program Literasi dan Numerasi

  • Bagikan
BONEFASIUS BAHY // TIMEX FOTO. Halaman depan SMPN 15 Kota Kupang, Senin (19/2)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 15 Kota Kupang tengah berupaya maksimal untuk meningkatkan nilai numerasi dan literasi para siswa melalui sejumlah program bermanfaat.

Guru dan staf SMPN 15 merancang program khusus yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan di tingkat SMP, khususnya di sekolah tersebut. Salah satu inovasi yang diimplementasikan adalah program menjadi pembina upacara dan berpidato dalam Bahasa Inggris untuk setiap siswa pada hari Selasa hingga Sabtu.

Kepala SMPN 15 Kota Kupang, Blasius Juni, menyatakan bahwa langkah ini diambil untuk mengajak siswa aktif dalam berbicara di depan umum dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, sekaligus memperkaya jam literasi dengan membaca buku dan menyelesaikan soal-soal matematika di dalam kelas masing-masing.

Blasius Juni yang diwawancarai dalam ruang kerjanya, Senin (19/2), menyampaikan kesadaran akan penurunan nilai numerasi dan literasi di SMPN 15 Kota Kupang. Menurutnya, sekolah ini terus mendorong siswa untuk menggali potensi diri, mengatasi hambatan internal, dan meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan sekolah.

"Kami menyadari bahwa SMPN 15 Kota Kupang mengalami penurunan dalam hal numerasi dan literasi oleh sebab itu, saya bersama guru-guru dan staf selalu mendorong anak-anak agar mengedepankan potensi diri masing-masing," ungkapnya.

Sekolah ini menghadapi hambatan internal, khususnya rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan. Blasius Juni menegaskan perlunya kerja ekstra dari tenaga pendidik dan staf untuk mengatasi hambatan tersebut. Meskipun demikian, ia menyatakan rasa syukur karena ketekunan mereka mampu mengatasi masalah tersebut.

"Saya selalu mengawasi perkembangan potensi peserta didik tersebut agar bisa membuahkan hasil yang memuaskan, sebab, para peserta didik harus terbiasa dan terlatih sejak dini untuk menjadi pemimpin dan mengaplikasikan nilai-nilai ditanamkan dari sekolah ini," jelasnya.

Ia menekankan pentingnya melatih peserta didik sejak dini agar mereka menjadi pemimpin yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang ditanamkan oleh sekolah.

Harapannya adalah siswa-siswi dapat membawa nama sekolah menjadi lebih baik di masa depan. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, SMPN 15 Kota Kupang berharap nilai numerasi dan literasi yang mengalami penurunan dapat kembali meningkat menjadi zona aman. Dengan upaya bersama, diharapkan sekolah ini dapat terus melahirkan generasi yang unggul dalam literasi dan numerasi. (cr5/thi)

  • Bagikan