Edukasi ke Luar Kelas dengan City Tour

  • Bagikan
BONEFASIUS BAHY/TIMEX FOTO BERSAMA. Para tenaga pendidik pose bersama dengan siswa-siswi SMP Kristen Citra Bangsa, saat pembukaan kegiatan City Tour, di lapangan Smp Kristen Citra Bangsa.

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID — SMP Citra Bangsa Kupang menghadirkan program City Tour sebagai inovasi untuk meningkatkan pendidikan di luar ruangan bagi para siswa. SMP Kristen Citra Bangsa telah memasukkan kegiatan City Tour ke dalam jadwal rutinnya sebagai upaya tambahan untuk meningkatkan edukasi di antara siswa-siswinya, di luar proses belajar mengajar di kelas.

Kegiatan City Tour ini membawa anak-anak didik dan tenaga pendidik untuk melakukan pembelajaran di luar kelas, menjelajahi berbagai tempat bersejarah di Kota Kupang, memberikan pengalaman edukatif yang tak terlupakan.

Selain mengunjungi tempat bersejarah, kegiatan ini juga melibatkan siswa untuk mengamati instansi pemerintah dan swasta, memahami program serta tata kelola yang dilakukan oleh lembaga-lembaga tersebut.

Dalam wawancara di ruang kerjanya pada Senin (26/2), Kepala Sekolah SMP Citra Bangsa, Jublina Ga, menyampaikan bahwa City Tour bukan hanya sebagai tambahan edukasi, tetapi juga sebagai momen refreshing bagi siswa. Ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk menggali potensi dan bakat di luar kegiatan belajar mengajar.

"Kami di SMP Citra Bangsa mengadopsi dan mengadaptasi program City Tour dari sekolah-sekolah di Australia, sebagai bagian dari pendekatan Adopsi dan Adaptasi. Ini kami lakukan setelah kunjungan kami ke Australia untuk melihat mutu pendidikan di sana," ungkap Jublina.

Dia menekankan bahwa kegiatan City Tour ini telah memberikan dampak positif yang signifikan, tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi para guru. Program ini membuka ruang bagi siswa untuk mengembangkan potensi diri mereka, sementara guru juga dapat memperluas pengetahuan mereka yang nantinya dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar.

"Program ini kami laksanakan secara rutin. Kami biasanya memulai dengan mengunjungi titik Nol kilometer Kota Kupang, menjelajahi berbagai monumen bersejarah, dan diakhiri di Bundaran Tirosa. Selanjutnya, siswa dibagi dalam kelompok untuk mengunjungi instansi-instansi terkait, membuat laporan, dan membagikan pengalaman City Tour mereka," jelasnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan pengetahuan yang diperoleh siswa meliputi keterampilan literasi dan numerasi, sehingga dapat menjadi parameter peningkatan mutu pendidikan di SMP Kristen Citra Bangsa. (cr5/thi

  • Bagikan